oleh

Mulai Bandara Hingga Stasiun Turut Cegah Virus Corona


radarlampung.co.id – Upaya pencegahan masuknya virus corona, turut dilakukan mulai Bandara, Stasiun hingga Pelabuhan.

Seperti yang dilakukan di Stasiun Tanjungkarang. PT KAI Divre Tanjungkarang, kembali melakukan upaya pencegahan dengan melakukan tes suhu tubuh pada penumpang sebelum memasuki daerah stasiun dan kereta. Pelayanan kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan, pembagian masker, pembagian pamflet, dan penyuluhan kesehatan tentang virus corona, cuci tangan, pemakaian masker, dan etika batuk bersin. Layanan tersebut diberikan di Stasiun Tanjungkarang, Kotabumi, dan Baturaja.

EVP Divre IV Tanjungkarang, Edy Setiawan mengatakan, dalam hal kebersihan sarana kereta, KAI melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin. “Kami juga menyiagakan petugas kebersihan baik di stasiun maupun selama perjalanan. Bantal yang disediakan di kereta pun selalu dalam kondisi baru, tercuci bersih setiap pergantian penumpang. Hand sanitizer juga mulai kami sediakan di stasiun, kereta makan, pos kesehatan, kantor, dan titik-titik lainnya,” ungkap Edy, Rabu (4/3).

Edy menambahkan, KAI menyediakan pos kesehatan di 5 stasiun bagi penumpang yang ingin memeriksa kesehatan, sehingga dirinya berpesan kepada penumpang untuk melapor kepada petugas stasiun atau kondektur, jika merasa tidak sehat. Hal ini agar dapat ditindaklanjuti oleh petugas.

Sementara upaya pencegahan juga dilakuan di Pelabuhan Bakauheni. Syaifullail Maslul sebagai humas ASDP Bakauheni mengaku telah menyiapkan satu thermal scanner di dermaga eksekutif. Meskipun belum beroperasi, nantinya thermal scanner ini akan memantau suhu tubuh penumpang.

”Kalau untuk Bakauheni untuk alat thermal scanner ada di Terminal Eksekutif, tapi belum di operasionalkan oleh KKP Kelas II Panjang. Saat ini kami sedang mengupayakan pengadaan laser tembak untuk pengecek suhu itu,” beber Syaiful.

Selanjutnya dengan adanya alat tersebut nantinya akan disokong oleh SDM (sumber daya manusia) yang bisa memeriksa dan menggunakan alat tersebut. ”Kedepannya kami juga akan melakukan kebersihan lingkungan, mulai penyemprotan itu mulai lingkungan pelabuhan higga naik ke kapal,” tambahnya.

Sementara Kepala Bandara Internasional Radin Inten II Lampung Selatan Asep Kosasih menyebut Bandara pun kini sudah dilakukan peningkatan pengawasan. Sehingga masyarakat diminta tidak panik.

”Untuk masyarakat jangan khawatir, kami telah meningkatkan pengawasan secara massif dan menyeluruh di bandara untuk mencegah masuknya virus corona melalui penumpang yang datang. Di Bandara selain ada thermal scanner, juga ada pemeriksaan kesehatan bagi penumpang hingga pembagian hand sanitizer, dan health alert card,” beber Asep.

Tak hanya penumpang, pencegahan dilakukan kepada seluruh karyawan dan staff di Bandara. Di mana, semua karyawan dan staff akan menajalni berbagai prosdur pemeriksaan. Hal ini, menurut Asep sebagai upaya preventif karena Bandaramenjadi salah satu pintu masuk dan upaya ini guna mengurangi keresahan masyarakat. (rma/yud)

Komentar

Rekomendasi