oleh

Petakan Wilayah Rawan Konflik Dalam Pilkakon

radarlampung.co.id – Polres Pringsewu memetakan wilayah yang dianggap rawan konflik dalam pemilihan kepala pekon (pilkakon) pada 48 pekon tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk menentukan jenis penanganan yang akan diambil untuk menyelesaikan persoalan.

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri mengatakan, setiap wilayah memiliki potensi ancaman keamanan yang berbeda. ”Setiap wilayah berbeda potensi konfliknya,” kata Hamid saat rapat konsolidasi dan mapping potensi konflik dalam rangka mereduksi gangguan kamtibmas jelang pilkakon di aula Brata Sewu Polres Pringsewu, Rabu (4/3).

Kegiatan tersebut diikuti Kasatintelkam Polres Pringsewu Iptu Darwin, Kepala Kesbangpol Sukarman, Kanit Binmas, Kanit Intelkam dan bhabinkamtibmas.

Hamid menuturkan, pemetaan dimulai dengan melihat sejarah pekon. Kemudian calon incumbent, potensi money politic, penyebaran berita hoax yang sifatnya pembunuhan karakter calon dan perjudian.

Selain pemetaaan, nantinya akan ada tindakan pencegahan jelang  pilkakon serentak. “Di antaranya dengan mengajak para kandidat kepala pekon maupun tim sukses untuk mendeklarasikan pilkakon damai dan aman, Siap menang dan harus siap kalah,” tegasnya. (sag/mul/ais)

Komentar

Rekomendasi