oleh

Siap-siap, Polinela Sediakan 1600 Kursi untuk Calon Maba

radarlampung.co.id – Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menyiapkan daya tampung mahasiswa baru untuk tahun 2020 sekitar 1.600 kursi. Jumlah tersebyut naik sekitar 38 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang menerima 1.155 mahasiswa baru.

Kepala Unit Informasi dan Humas, Teguh Budi Trisnanto mengatakan, 1.600 kursi tersebut dibagi untuk mahasiswa reguler dan non reguler. Di mana, kuota non reguler diperuntukkan bagi kelas khusus kerja sama, seperti kerja sama dengan Pemerintah Provinsi, dan stakeholder terkait.

“Jadi, 1400 orang untuk reguler, kuota 35 orang kerja sama dengan stakeholder, 165 kursi untuk kerja sama beasiswa dengan Pemprov untuk bidang pariwisata dan pertanian,” ujarnya, Rabu (4/3).

Ia menjelaskan, ada empat jalur penerimaan mahasiswa baru Polinela, yang pertama jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), yang kedua Penelusuran Minat Kemampuan Akademik dan Bakat (PMKAB), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), dan terakhir Ujian Mandiri. Yang saat ini tengah berlangsung, yaitu pendaftaran SNMPN hingga 13 Maret mendatang.

“Dari jalur SNMPN, dan PMKAB, kita akan menerima sekitar 40 persen calon mahasiswa dari total seluruh mahasiswa yang akan diterima. Untuk pendaftar SNMPN, yang pilihan satunya memilih Polinela ada sekitar seribuan lebih per akhir Februari kemarin. Dan didominasi pendaftar dari Sumatera Selatan,” jelasnya.

Dikatakannya, pada tahun 2018 lalu, Polinela menyediakan daya tampung sebanyak 980 kursi, di tahun 2019 meningkat menjadi 1.155 kursi. Dari seluruh mahasiswa yang ada di Polinela, sekitar 70 sampai 80 persennya berasal dari Lampung. Meskipun dari daerah lain juga ada yang menjadi mahasiswa Polinela, seperti dari Sumatera Utara, bahkan ada juga dari Pulau Kalimantan. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi