oleh

Jaga Kebersihan, Telinga Ratusan Siswa SDN 1 Rawa Laut Dibersihkan

radarlampung.co.id – Siswa dan siswi SD Negeri 1 Rawa Laut diperiksa dan dibersihkan telinganya, agar telinganya bersih dari kotoran. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kepala SD N 1 Rawa Laut Destiana Saleh mengatakan, siswa-siswi SDN 1 Rawa Laut melakukan pemeriksaan dan bersih-bersih telinga. Agar, telinga anak-anak bersih, sehat pendengarannya, pintar berlajarnya, dan berkarakter mulia. Ia mengatakan, seluruh siswa SDN 1 Rawa Laut yang berjumlah 951 siswa diperiksa telinganya.

“Selama ini yang ada gangguan-gangguan anak yang mungkin kurang pendengaran dalam pelajaran, misalnya ada kotoran, nah harapannya akan lancar kembali,” ujarnya, Kamis (5/3).

Sementara, dr Eriza,Sp.THT-KL., dari komite daerah penanggulangan gangguan pendengaran dan ketulian (Komda PGPKT) cabang Lampung mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan deteksi dini gangguan pendengaran, misalkan ada kotoran yang menyumbat dan menyebabkan gangguan.

“Dan itu bisa dideteksi dini dan langsung ditanggulangi dengan melakukan pengobatan,” tuturnya.

Dikatakannya, selama beberapa kali melakukan pemeriksaan telinga di jenjang SD di Bandarlampung, rata-rata gangguan pendengaran akibat kotoran cukup banyak, sekitar 70-80 persen di SD yang ditemui, karena ada kotoran yang menyumbat.

“Akibatnya tentu terjadi gangguan pendengaran. Di kalangan pelajar, jika tersumbat telinganya, kurang bisa mendengar penjelasan guru, dan akan berpengaruh pada prestasinya belajarnya,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya berharap, dengan bersih-bersih telinga, telinga pelajar SD di Lampung akan menjadi bersih. “Jadi harapannya telinganya bersih, pendengarannya sehat dan diiringi dengan prestasinya yang juga meningkat,” pungkasnya. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi