oleh

Misol Iwa, Serunya Menangkap Ikan Dengan Tangan

radarlampung.co.id – Ratusan warga berebut menangkap ikan Nila di kolam wisata air terjun Waylaaan, Jumat (6/3). Proses penangkapan ikan menggunakan tangan kosong ini kian menambah keseruan.

Kegiatan tersebut menjadi bagian dari lomba Misol Iwa yang diselenggarakan Dinas Perikanan Tanggamus. Acara dibuka Asisten Bidang Ekobang Sukisno mewakili Bupati Tanggamus Dewi Handajani.

Kepala Dinas Perikanan Edi Narimo mengatakan, Misol  Iwa (menangkap ikan dengan tangan, Red) merupakan bagian dari memeriahkan HUT Ke-23 Tanggamus. Upaya ini sekaligus menjaga tradisi masyarakat pesisir kabupaten itu.

“Selain menjaga kearifan lokal, melalui Misol Iwa ini, kita kampanyekan gemar makan ikan dan setop ilegal fishing,” tegas Edi Narimo.

Edi menuturkan, panitia menebar ikan sebanyak satu kuintal ke kolam dengan panjang 60 meter dan lebar 12 meter. “Pesertanya ada 200 orang dari OPD, Pokdarwis Waylalaan, masyarakat dan siswa SMA sederajat di seputar Kotaagung. Peserta diberi waktu 20 menit. Terdiri dari tim dengan masing-masing anggota empat orang,” urainya.

Waktu 20 menit berlalu. Hasil tangkapan peserta dihitung. Keluar sebagai juara pertama katagori pria dari BKPSDM dengan tangkapan 23 ekor ikan. Kemudian juara dua Pokdarwis Waylalaan A yang mendapat 22 ikan serta Pokdarwis Waylalaan B menempati posisi ketiga dengan 21 ekor ikan.

“Untuk juara pertama katagori perempuan, diraih Bagian Umum yang mendapat 18 ekor ikan, juara dua SUPM Kotaagung dengan 17 ekor ikan dan juara tiga Pokdarwis Waylaaan sebanyak 16 ekor ikan,” sebut dia. (ral/ehl/ais)

 

Komentar

Rekomendasi