oleh

Libatkan Perempuan dalam Pembangunan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Perempuan merupakan bagian dalam penggerak ekonomi negara, bahkan daerah dan keluarga.

Dalam berumah tangga perempuan tidak hanya sebagai madrasah bagi keluarga, tetapi juga mengontrol pengeluaran kebutuhan sehari-hari keluarga. Hal ini disampaikan Bakal Calon Wali Kota Bandarlampung Ir. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., Minggu (8/3).

Menurutnya, Hari Perempuan Internasional tonggak bahwa perempuan seluruh dunia harus dihormati. “Rasulullah SAW juga menyebut ibu sebanyak tiga kali ketika ditanyakan oleh sahabat untuk dihormati dan berbakti kepadanya. Maka jelas bahwa di balik kesuksesan pria terdapat seorang wanita di belakangnya, baik sang istri maupun ibunya,” ujarnya.

Firmansyah yang berpasangan dengan Prof. Dr. Ir. RA Bustomi Rosadi, M.S., ini juga akan melibatkan perempuan dalam pembangunan Kota Bandarlampung.

“Dalam peningkatan perekonomian daerah banyak perempuan berhasil di negeri ini. Seperti Menteri Keuangan kita Sri Mulyani yang juga kelahiran Tanjungkarang, Bandarlampung. Selamat Hari Perempuan Internasional untuk seluruh perempuan hebat,” ujarnya.

Untuk membangun Bandarlampung, khususnya UMKM juga banyak dimotori perempuan. “UMKM kita fokuskan juga untuk perempuan dalam membangun Bandarlampung secara berjamaah,” tuturnya.

Sementara, Prof. Bustomi mengatakan, peran perempuan saat ini dalam menjaga kesehatan keluarga juga sangat penting. Seperti menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mengajarkan anak cuci tangan sebelum makan, menyikat gigi, hingga mendidik anak.

Dalam pencegahan banjir sejak dini juga, kata dia, perempuan yang dalam hal ini ibu mencontohkan dan mendidik anak untuk membuang sampah dalam tempatnya. “Contoh kecil tersebut yang membuat keberhasilan pembangunan suatu daerah tanpa terlepas dari peran perempuan. Tentunya juga tidak sendiri dilakukan secara berjamaah atau bersama-sama,” tandasnya. (abd/rls/sur)

Komentar

Rekomendasi