oleh

Pemkab Lambar Tingkatkan Sapras 15 Puskesmas

radarlampung.co.id – Bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas Pemkab Kabupaten Lambar. Seperti halnya tahun ini pemerintah daerah akan mengalokasikan sejumlah kegiatan fisik dalam rangka peningkatan sarana dan prasarana (Sapras) kesehatan baik yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) maupun APBD Lambar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir.Okmal, M.Si mengungkapkan, untuk tahun ini, pemerintah pusat menggelontorkan dana alokasi khusus (DAK) fisik reguler sebesar Rp31 miliar lebih yang meliputi pelayanan kesehatan dasar Rp13 miliar lebih, pelayanan kesehatan rujukan Rp14 miliar lebih, pelayanan kesehatan kefarmasian Rp3 miliar lebih. Kemudian, DAK afirmasi untuk penguatan Puskesmas DTPK sebesar Rp9 miliar lebih dan DAK fisik penugasas, yaitu Rp331 juta untuk penanganan stunting dan pengendalian penyakit Rp1,5 miliar lebih.

“Selain itu juga ada DAK non fisik seperti biaya operasional kesehatan (BOK) sebesar Rp12 miliar lebih, untuk akreditasi puskesmas Rp798 juta serta jaminan persalinan sebesar Rp1,6 miliar, dan pengawasan obat dan makanan Rp159 juta,“ ujar Okmal.

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar tersebut menyebutkan, sejumlah kegiatan fisik yang akan dilaksanakan tahun ini, seperti halnya di Kecamatan Lumbokseminung berupa Set persalinan Puskesmas Lumbok, dan Posbindu Kit Puskesmas Lumbok. Lalu, di Kecamatan Sukau akan ada Set Persalinan Puskesmas Buanyerupa, Set Kesehatan gigi dan mulut Puskesmas Bunyerupa, Set Laboratorium Puskesmas Buanyerupa. Kecamatan Balikbut seperti halnya Medical Transport Box Puskesmas Liwa, Posbindu Kit Puskesmas Liwa dan Set Persalinan Puskesmas Liwa.

Selanjutnya, Posbindu Kit Puskesmas Kenali dan Set Persalinan Puskemas Kenali Kecamatan Belalau dan Pos Bindu Kit Puskesmas Batubrak dan Set Persalinan Puskesmas Batubrak Kecamatan Batubrak.
Untuk Kecamatan Batuketulis akan ada Set Umum Puskesmas Batuketulis, pengadaan Ambulance Puskesmas Batuketulis, Set UGD puskesmas, set persalinan puskesmas, set laboratorium serta set ruang farmasi Puskesmas Batuketulis. Lalu, pembangunan rumah dinas Puskesmas Sekincau dan Posbindu Kit Puskesmas Sekincau.

Untuk Kecamatan Pagardewa akan ada Posbindi Kit Puskesmas Pagardewa berikut Medical Transport Box . Sedangkan di Kecamatan Waytenong akan ada penambahan gedung atau ruang baru Puskesmas Pajarbulan, Posbindu Kit Puskemas Pajarbulan dan set persalinan Puskesmas, dan Medical Transport Box .

Masih kata Okmal, di Kecamatan Airhitam akan ada Set UGD Puskesmas Airhitam, Set Persalinan Puskesmas Airhitam dan pengadaan perangkat SIKDA generik Puskesmas Airhitam. Kecamatan Gedungsurian akan ada kegiatan Set Persalinan Puskesmas Gedungsurian dan Posbindu Kit Puskesmas dan set laboratorium puskesmas. Kecamatan Kebuntebu akan ada Posbindu Kit Puskesmas Kebuntebu.

“Khusus Kecamatan Sumberjaya dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh akan ada Medical Transport Box, Posbindu Kit, set laboratorium Puskesmas . Sedangkan Kecamatan Suoh berupa Set rawat inap, Set persalinan dan Posbindu Kit Puskemas Srimulyo,” tegasnya seraya menambahkan dengan adanya anggaran untuk bidang kesehatan itu diharapkan sarana dan prasarana kesehatan di Lambar meningkat sehingga berdampak terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat. (lus/ang)

Komentar

Rekomendasi