oleh

Soal Protes Bakal Calon, Pansus Serahkan ke Panitia Pilkakon Kabupaten  

radarlampung.co.id – Panitia khusus (Pansus) Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon) DPRD Tanggamus menyerahkan seluruh keputusan kepada panitia kabupaten. Pansus sifatnya hanya memberikan rekomendasi.

Hal itu diungkapkan Ketua Pansus Pilkakon Yoyok Sulistyo usai melakukan pembahasan dengan Bagian Tapem dan Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten Tanggamus, terkait protes bakal calon yang tidak lolos seleksi, Senin sore (9/3).

Menurut Yoyok, pihaknya menampung aspirasi dan hasil akhir tetap pada panitia pilkakon kabupaten. “Kami sudah panggil Bagian Tata Pemerintahan dan Bagian Hukum. Beruntung bisa datang,” kata Yoyok.

Diakuinya, dari pembahasan dengan Bagian Tapem dan Bagian Hukum tersebut, belum ada keputusan resmi. Pasalnya tidak ada undangan resmi dari Pansus, sehingga agar bisa jadi keputusan resmi, harus ada surat. Karena itu, pembahasan kembali dilanjutkan Selasa (10/3).

Sementara Kabag Tapem Wawan Haryanto menyatakan, dari 220 pekon, hanya Pekon Ampai, Kecamatan Limau yang belum menetapkan dan mengundi nomor calon. Hal itu menunggu revisi dari putusan Unila. Ralat putusan sudah dikirimkan Unila.

Ralat tersebut dibacakan. Hasilnya, Turmaningsih dinyatakan tidak lulus. Ada bakal calon lainnya lulus, yakni Ahmad Sairi dengan pertimbangan skor nilai hasil tes. Disesuaikan juga dengan usia Ahmad Sairi yang lebih muda dibanding Turmaningsih.

Komentar

Rekomendasi