oleh

Darurat? Hubungi 112 Liwa Siaga

radarlampung.co.idMasyarakat di Lampung Barat yang mengalami kejadian darurat diminta memanfaatkan call center 112 untuk mendapatkan bantuan. Layanan ini bisa diakses perangkat telekomunikasi di seluruh wilayah dengan gratis.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lampung Barat Guy Zose Alfredo Da Silva Manuel Leite mengatakan, call center 112 merupakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). “Call center ini gratis,” kata Guy mewakili Kepala Diskominfo Lambar Maidar.

Keadaan darurat yang dimaksud seperti kebakaran, kerusuhan, bencana alam, masalah kesehatan, gangguan keamanan dan ketertiban umum, hingga persoalan KDRT dan Bullying. “Kemudian keadaan darurat lain yang ditetapkan pemerintah pusat dan daerah. Bisa ditangani call center Liwa Siaga 112,” sebut dia.

Menurut Guy, laporan yang diterima melalui call center 112 akan ditindaklanjuti dengan langsung menghubungi pihak terkait. Misalnya masalah kebakaran, dikoordinasikan dengan personel pemadam terdekat. Kasus kecelakaan, langsung menghubungi pihak kepolisian.

“Petugas kami akan stand by 1×24 jam. Petugas akan sigap menanggapi laporan yang masuk dan menindaklanjutinya,” tegasnya.

Lebih lanjut Guy mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan layanan darurat itu dengan bijak. “Jangan sampai ada laporan palsu. Misal, laporan kebakaran, ternyata tidak ada. Sejauh ini kami hanya sebatas mengingatkan. Namun ke depan akan ada tindakan tegas dan melaporkan ke penegak hukum,” tandasnya. (nop/ais)



Komentar

Rekomendasi