oleh

Mantan Pentolan JI Nasir Abbas, Sebut Lampung Masih Ada Kelompok JI

radarlampung.co.id – Hadir di Lampung, Muhammad Nasir Abbas mantan salah seorang tokoh Jemaah Islamiyah (JI) mengungkapkan bahwa jaringan terorisme dari kelompok Jamaah Islamiah (JI)  masih ada di Provinsi Lampung.

“Itu bisa kita lihat dari ditangkapnya Para Wijayanto yang merupakan salah satu pimpinan JI. Nah ini membuktikan kelompok yang pernah dipimpin oleh Abu Bakar Baasyir, dengan kasus peledakan, seperti bom bali itu masih ada,” ujar Nasir Abbas.

Pria yang berasal dari Negeri Jiran itu menambahkan, kelompok JI di Lampung ini masih berbentuk kelompok dan sel-sel kecil tidur. Juga belum banyak melakukan gerakan-gerakan amaliah. “Saat ini memang kelompok JI ini di Lampung masih ada, mereka masih berbentuk kelompok kecil. Karena, memang belum cukup untuk melakukan amaliah,” ucapnya.

Menurutnya, kelompok-kelompok kecil itu masih menyebarkan paham dengan cara sosialisasi. JI di Lampung sendiri saat ini kata dia, menganut dua faksi yang dimana ada yang masih ikut pernyataan Osama bin Laden dan ada yang menolak,” ungkapnya.

Di Lampung sendiri kata dia, memang  terdapat beberapa potensi jaringan radikal, seperti Jamaah Ansharut Daulah (JAD), ada NII dan beberapa kelompok lain. “Lampung ini kelompoknya bermacam-macam dan juga cukup lengkap. Nah, yang lagi eksis sekarang JAD,” tuturnya.

Tetapi ia pun menegaskan bahwa, sel-sel kecil dari JI ini tidak ada satupun eks dari JI pernah bergabung ke JAD. “Karena JI ini kelompok yang terstruktur. Nah kalau JAD ini kelompok-kelompok kecil,” pungkasnya. (ang/ang)

Komentar

Rekomendasi