oleh

Nasir Abbas Berikan Saran Bagaimana Terhindar dari Kelompok Radikal

radarlampung.co.id – Muhammad Nasir Abbas mantan salah seorang tokoh Jemaah Islamiyah, Asia Tenggara memberikan saran bagaimana cara menghindari pengaruh dari para kelompok radikal. Pria asal Malaysia itu menjelaskan bahwa kelompok radikal ada beberapa tingkatan.

“Ada yang intoleran yang pemahaman untuk membenci kelompok lain yang berbeda. Kemudian meningkat ke radikal, atau pemahaman yang bertentangan dengan 4 pilar berbangsa dan bernegara seperti menolak Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Lalu berujung hendak merubah sistem negara,” ujarnya, Selasa (10/3).

Menurutnya lagi, pada dasarnya semua kegiatan keagaamaan baik, namun dirinya menyarankan jika mengarah ke dua hal tersebut seperti intoleran, dan radikal. “Bisa dipilih kegiataan keagaamaan, yang lain, itu kuncinya,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung Kombespol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, jaringan radikal dan intoleran, tetap dalam pantauan aparat, dengan mekanisme terbuka dan tertutup. “Kita perkuat sosialisasi pencegahan dan deradikalisasi, bersama BNPT dan FKPT lalu pencegahan paham radikal,” pungkasnya. (ang/ang)

 

Komentar

Rekomendasi