oleh

Awas Penipuan Sensus Penduduk!

radarlampung.co.id – Masyarakat diajak menyukseskan sensus penduduk online 2020. Namun demikian, masyarakat juga diharapkan berhati-hati. Sebab marak aksi penipuan yang mengatasnamakan sensus.

“Sensus resmi tidak ada yang meminta data tentang siapa nama ibu kandung. Kemudian portal resmi dari BPS adalah sensus.bps.go.id,” tegas Wakil Bupati Fauzi disela menerima kunjungan rombongan Badan Pusat Statistik Pringsewu, Rabu (11/3) . Pada kesempatan tersebut, Fauzi melakukan pengisian data sensus online dipandu salah satu petugas BPS.

Selain  mengajak seluruh masyarakat Pringsewu bersama-sama menyukseskan program sensus penduduk online, Fauzi juga mengharapkan dukungan seluruh jajaran. Dengan begitu, target yang diinginkan tercapai. ”Kalau bisa, di atas target nasional,” tegasnya.

Sementara Kepala BPS Pringsewu Eddy Prayitno mengatakan, sensus penduduk 2020 bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

Informasi yang dikumpulkan di antaranya jenis kelamin, status perkawinan, tempat dan tanggal lahir serta ketersediaan akta kelahiran, kewarganegaraan, suku bangsa, agama, tingkat pendidikan, pekerjaan serta karakteristik perumahan.

“Target BPS Pringsewu adalah 20 persen. Namun pak Bupati menginginkan target sebesar 40 persen. Karena itu, perlu kerjasama yang sinergis untuk dapat mencapainya,” tegasnya. (sag/ais)

Komentar

Rekomendasi