oleh

Kelompok Tani Dapat Bantuan Alsintan

radarlampung.co.id – Dinas Pertanian Pesawaran bersama Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani (Poktan). Terdiri dari satu unit traktor roda satu, empat unit hand tractor, sembilan unit power threser (alat perontok padi), 15 unit cornplanter (alat tanam jagung), dan tiga unit cornseler (alat pemipil jagung).

Kemudian satu unit pompa air besar, 25 unit pompa air, serta pemberian bantuan untuk kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) berupa 10.000 ekor benih lele, 810 kilogram pakan ikan dan kolam terpal sebanyak 10 unit.

“Penyerahan bantuan ini baru seperempat. Nanti ada untuk Kecamatan Negerikaton, Tegineneng, Waylima, Gedongtataan, dan Waykhilau,” kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat pembukaan acara yang berlangsung di lapangan sepak bola Desa Purworejo, Kecamatan Negerikaton, Rabu (11/3).

Dendi menuturkan, bantuan Alsintan tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan produksi pertanian. Baik tingkat regional maupun nasional serta memberikan kemakmuran untuk para petani di Pesawaran.

Sementara, Sudin yang turun dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat, terutama para petani, menanggapi keluhan terkait pasokan air bersih saat kemarau. Ia menyatakan siap membantu membuatkan embung dan memberikan penghijauan dengan syarat tanah harus hibah dari kelompok tani.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Marta Utama menyatakan, pupuk sudah tersedia di kios. Jika petani merasa pupuk masih sulit didapatkan, agar segera menghubungi kios atau langsung ke Dinas Pertanian. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi