oleh

Peringati Hari Ginjal Dunia, LKV Galakkan Kampanye Pentingnya Kesehatan Ginjal

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berangkat dari rasa keprihatinan dan pengalaman penderita gagal ginjal kronik beserta keluarga pasien di Bandarlampung, sejumlah pihak terkait bersatu memanfaatkan momen peringatan hari ginjal dunia sebagai kesempatan melakukan kampanye terkait penyakit ginjal.

Seiring dengan keinginan berbagi pengalaman dan mengedukasi masyarakat tentang ginjal, diinisiasi terbentuknya Lampung Kidney Volunteer (LKV/Relawan Ginjal Lampung) yang merupakan wadah individu-individu yang berkomitmen saling berbagi informasi tentang ginjal dan permasalahannya.

Melalui Hari Ginjal Dunia ini LKV berkolaborasi dengan Ikatan Perawat Dialisis Indonesia (IPDI) Lampung berupaya menyebarkan berbagai informasi melalui dukungan media massa untuk memberikan edukasi tentang pentingnya kesehatan ginjal bagi masyarakat.

Mengingat, masalah ginjal saat ini semakin meningkat kasusnya dan terjadi di segala lapisan umur. Kondisi ini sangat memprihatinkan terlebih banyak masyarakat yang tidak menyadari ketika mereka ternyata menjadi penderita ginjal.

Menurut dr. Lukman Pura, Sp.PD-KGH, yang juga bakal menjadi salah satu pembicara dalam seminar tersebut, masih kurangnya informasi di tingkat masyarakat tentang sakit ginjal menjadi alasan LKV untuk bersama-sama mengkampanyekan pentingnya pencegahan, pendeteksian dini, hingga akses perawatan bagi masyarakat.

Gagal Ginjal Kronik merupakan salah satu permasalahan pada ginjal yang penderitamya semakin meningkat dan yang sangat mengagetkan sebagian besar tidak menyadari ketika mengalami gagal ginjal karena masih terbatasnya pengetahuan terkait tanda-tanda yang dirasakan, sehingga tak sedikit pasien penderita baru berkonsultasi ke dokter setelah mengalami stadium lanjut yang beresiko pada kerusakan permanen ginjal.

Tingginya biaya pengobatan gagal ginjal kronik menjadi satu permasalahan tersendiri sehingga masih adanya pasien yang belum melakukan perawatan secara berkala . “LKV dan IPDI sangat menyadari bahwa masyarakat harus diedukasi secara terus menerus agar memiliki informasi yang cukub tentang ginjal, dan pada akhirnya mampu melakukan pencegahan sakit ginjal,” ucapnya, Rabu (11/3).

Melalui kampanye peringatan hari ginjal dunia di berbagai media dan kampanye di ruang publik diharapkan informsi tentang penyakit ginjal semakin mudah diakses masyarakat luas.

“Dengan kampanye yang dilakukan ini, diharapkan masyarkat mulai menata pola hidup sehat serta memahami tanda-tanda serta pendeteksian dini penyakit ginjal. Peran serta para pihak dalam memperkuat kapasitas masyarkat tentang ginjal harus menjadi sebuah gerakan yang fokus agar masyarakat menjadi cerdas dan responsif terhadap potensi ancaman penyakit ginjal,” kata dia.

Kegiatan yang dilakukan LKV dan IPDI dalam rangka hari ginjal dunia 2020 diantaranya adalah publikasi di media elektronik dan media cetak Lampung, 12 Maret 2020. Lalu, seminar Awam Kesehatan Ginjal di RM LG Pahoman di hari yang sama.

“Kemudian dilanjutkan kampanye di ruang publik tentang kesehatan ginjal Car Free Day Enggal pada 15 Maret 2020,” tandasnya. (rls/sur)

Komentar

Rekomendasi