oleh

Disdikbud Sosialisasi Pencegahan Corona hingga ke Grup WhatsAap

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI telah mengeluarkan surat edaran tentang pencegahan corona virus di satuan pendidikan.

Hal tersebut langsung ditindaklanjuti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung.

Ya, Disdikbud Lampung mengedarkan surat edaran ke seluruh satuan pendidikan untuk segera melalukan langkah-langkah yang disebutkan dalam SE tersebut.

Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi sebagai langkah untuk pencegahan virus tersebut.

“Kita sudah membuat banner atau spanduk di tingkat jajaran dinas pendidikan, terutama di sekolah. Memang sudah ada yang melaksanakan, ada juga yang baru mulai melaksanakan. Kita telah melakukan imbauan sebagai langkah-langkah mencegah penyakit corona, dan dari smua penyakit,” katanya, Kamis (12/3).

Terpisah, Ketua MKKS SMA Lampung Suharto mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi, koordinasi, ataupun informasi ke sekolah-sekolah untuk memasang banner guna menyiapkan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk pencegahan virus tersebut.

“Kedua, kita juga sosialisasikan di grup sekolah, maupun grup lainnya untuk mengambil langkah-langkah antisipasi atau upaya-upaya kita lakukan. Misalkan, menyiapkan tempat untuk cuci tangan pakai sabun di sudut-sudut sekolah, juga menyiapkan hand sanitizer,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengimbau seluruh peserta didik untuk selalu menerapkan pola hidup bersih, dan hidup sehat. Pihaknya juga sudah melakukan pendataan jika terdapat warga sekolah yang sakit, atau merasa kurang enak badan.

“Kita juga imbau anak-anak, di lingkungan mana saja, mereka harus menjaga kebersihan. Menghindari apa yang sudah disebutkan dalam surat edaran tersebut. Untuk pendataan, karena saat ini tengah ujian sekolah, jadi tidak ada yang izin ataupun sakit,” tukasnya.

Dalam surat edaran Mendikbud RI Nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan corona virus disease pada satuan pendidikan, disebutkan beberapa langkah upaya untuk pencegahan perkembangan dan penyebaran corona virus, seperti memastikan ketersediaan sarana untuk cuci tangan pakai sabun, dan alat pembersih sekali pakai di sudut strategis sekolah.

Kemudian, memastikan satuan pendidikan melakukan pembersihan ruangan dan lingkungan secara rutin, seperti handle pintu, saklar lampu, komputer, dan lainnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi