oleh

Diskes Tanggamus Bentuk Satgas Siaga Corona

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan Tanggamus membentuk satuan tugas (Satgas) menghadapi virus Corona. Tenaga medis mendapat pengarahan untuk menangani gejala yang mirip dengan serangan virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, belum ada laporan terkait serangan virus tersebut. Namun begitu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

”Sampai sekarang kami belum mendapatkan laporan. Sebab kalau ada pendatang dari luar negeri, khususnya di negara terkonfirmasi Corona, maka KKP memberikan notice kepada kami,” kata Taufik Hidayat.

Menurut dia, Satgas yang dibentuk juga akan mengedukasi soal virus Corona. Sebab saat ini masih banyak masyarakat yang awam soal penyakit tersebut. ”Intinya jangan panik. Kalau mengalami gejala mirip Corona seperti demam, flu dan tenggorokan sakit, segara ke puskesmas. Nanti didiagnosa. Kalau memang suspect, kita koordinasi dengan RSUD Abdoel Moeloek yang memiliki ruang isolasi khusus,” sebut dia.

Taufik juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah terpancing isu hoax. Sebab kasus seorang terserang virus Corona di Indonesia lantaran interaksi dengan orang yang mengunjungi negara terindikasi terjangkit Corona.

”Contoh kasusnya, dua warga Depok yang positif Corona setelah berinteraksi dengan WNA asal Jepang. Atau sehabis pulang dari luar negeri. Jadi jangan panik. Tapi tetap waspada,” tegasnya.

Terkait dua warga Tanggamus yang beberapa waktu lalu pulang dari Tiongkok, Taufik menegaskan keduanya sehat dan negatif Corona. “Kedua orang itu sehat. Negatif Corona. Harapannya, jangan sampai ada warga Tanggamus terkena Corona,” pungkasnya. (ral/ehl/ais)

 

Komentar