oleh

DTPH Lambar Turun, Gerdal Hama Wereng di Suoh

radarlampung.co.id – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lampung Barat menurunkan tim ke Pekon Sumberagung, Kecamatan Suoh. Langkah ini dalam upaya gerakan pengendalian (Gerdal) dan bantuan berupa penyemprotan lahan untuk menangani hama wereng.

Tim yang dipimpin Kabid Tanaman Pangan Onni Violetta Saragi dan Kasi Perlindungan Pangan Davidson memberikan bantuan serta penyuluhan langsung kepada petani. Harapannya, upaya tersebut meminimalisir hama wereng yang menyerang tanaman padi.

”Penyemprotan tersebut dilakukan agar padi terhindar dari serangan hama. Sehingga semuanya bisa bermanfaat dengan baik,” kata Onni Violetta Saragi mewakili Kepala DTPH Lambar Yedi Ruhyadi.

Menurut dia, pihaknya turun ke lapangan menindaklanjuti laporan hama wereng mulai menyerang padi. ”Kami mendapat informasi dari para petani, jika padinya terserang hama. Kami langsung turun untuk mengatasinya secara tanggap darurat,” tegasnya.

Hama wereng merupakan salah satu hama pada tanaman padi yang seringkali menjadi momok menakutkan bagi petani. Pasalnya, selain menimbulkan kerugian besar dan dampak gagal panen, hama ini juga berperan sebagai pembawa virus kerdil pada tanaman padi. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi