oleh

Kunjungi Kejari Tanggamus, Tobas Soroti Anggaran Hingga Fungsi Jaksa

radarlampung.co.id – Anggota Komisi III DPR RI Taufik  Basari melakukan kunjungan kerja ke kantor Kejaksaan  Negeri (Kejari) Tanggamus, Kamis (12/3). Kedatangan Taufik disambut Kajari David P. Duarsa beserta jajaran.

Turut mendampingi Taufik, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Lampung Siti Rahma, Wakil Ketua III DPRD Tanggamus Kurnain, anggota Fraksi Partai NasDem Johny Wahyudi , Heru dan Tri Wahyuningsih.

Dalam kunjungan tersebut, Taufik Basari menyaksikan profil singkat Kejari Tanggamus melalui tayangan video. Sementara Kajari David P. Duarsa memperkenalkan pejabat utama di kejari setempat.

Taufik Basari mengatakan, kunjungannya ke Kejari Tanggamus bagian dari konstitusional. Ditambah Komisi III yang membidangi hukum adalah mitra dari lembaga kejaksaan.

“Saya pengennya ingin melihat langsung apa yang jadi kendala mitra saya. Ini reses kedua. Sebelumnya Desember lalu, saat menjelang Natal,” ujar Tobas–sapaan akrab Taufik Basari.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Lampung I ini menyoroti beberapa hal. Mulai dari anggaran Kejari Tanggamus hingga fungsi dari jaksa untuk melakukan penyuluhan mengenai hukum dan menekan kejahatan narkoba.

“Pagu anggaran Kejari Tanggamus ini dalam satu tahun Rp6,07 miliar. Dari jumlah tersebut, anggaran untuk perkara perdata dan tata usaha negara hanya Rp7, 6 juta. Jumlah ini tentu belum ideal. Padahal fungsi kerja Datun juga banyak,” tegasnya.

Politisi Partai NasDem ini juga meminta jaksa melalui intelijen dan pidana umum untuk membantu menekan angka kejahatan narkoba yang jumlahnya tinggi. “Kalau dilihat, kasus kejahatan narkoba ini dimana-mana tinggi. Maka dari itu saya mendorong jaksa agar para pecandu yang merupakan korban harus direhabilitasi. Karena kalau dipidana penjara percuma. Bebas, pakai lagi,” tandasnya.

Tobas juga mengapresiasi program yang sudah dijalankan Kejari Tanggamus. Di antaranya kendaraan operasional si Bulang. “Program mobil si Bulang ini layak untuk diapresiasi. Sebab mempermudah masyarakat dan mendekatkan dengan jaksa,” ucapnya.

Terkait kekurangan personel, Tobas menyatakan akan mengkomunikasikannya ditingkat pusat. “Akan saya sampaikan ditingkat pusat mengenai kurangnya personel jaksa. Sehingga pelayanan Kejari Tanggamus terhadap masyarakat semakin optimal,” kata dia. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi