oleh

Mantap, Fasilitasi Masyarakat Pulau, Pemprov Bakal Berikan Kapal Ambulans

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemprov Lampung menggelar rangakaian Ulang Tahun Provinsi Lampung ke-56 di Pulau Pahawang, Pesawaran, Kamis (12/3). Dalam kegiatan ini Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap semua masyarakat Lampung mendapatkan perhatian, termasuk yang berada di pulau-pulau di Lampung.

Berbagai kegiatan bhakti sosial digelar bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran. Mulai pengobatan dan pelayanan KB gratis, pemeriksaan dan skrining kesehatan jiwa, pemberian kelambu, pembagian sembako dan telur, vaksin hewan peliharaan, serta pelayanan pembuatan KTP elektronik.

“Hari ini, kegiatan ini digelar karena sangat penting. Mengingat kualitas SDM merupakan objek dan subjek untuk mewujudkan rakyat Lampung berjaya,” jelas gubernur.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Reihana. Dalam kesempatan ini Arinal memerintahkan Reihana untuk memberikan fasilitas kesehatan yang diharapkan mampu meningkatkan akses masyarakat untuk mengutamakan hidup sehat.

“Masyarakat di sini wajib mencegah datangnya penyakit. Apalagi di Desa Pahawang ini masih ditemukan masyarakat yang menderita malaria akibat gigitan nyamuk. Untuk itu masyarakat perlu menggunakan kelambu,” beber Arinal.

Untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di pulau, Arinal juga berencana menyiapkan kapal pengobatan khusus yang nantinya akan berkeliling pulau untuk membantu masyarakat yang tinggal di dalam pulau dalam meningkatkan kesehatannya.

“Melalui Dinas Kesehatan, Pemprov Lampung akan mengupayakan pemberian kapal ambulans atau kapal puskesmas keliling kepada masyarakat di pulau pulau yang kesulitan dalam transportasi,” tambah Arinal.

Untuk pengadaannya memang dalam rencana, di mana bisa menggunakan APBD atau CSR dari perusahaan-perusahaan di Lampung. “Jadi nantinya kapal ini bisa keliling antar pulau dan bisa memberikan kesehatan pada warga di pulau,” tambahnya.

Hal ini dilakukan Arinal mengingat destinasi wisata Lampung saat ini cukup banyak di laut. Salah satunya Pulau Pahawang yang dinilai Arinal bukan hanya menjadi destinasi wisata Lampung, tapi juga destinasi wisata Indonesia.

Komentar