oleh

Nunik : Musrenbang Lampura Jangan Hanya Rutinitas dan Memenuhi Kewajiban

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2019-2024, di Aula Tapis Sekretariat Kabupaten setempat, Kamis (12/3).

Plt. Bupati Lampura, Budi Utomo, mengatakan, perencanaan pembangunan daerah, terbagi dalam beberapa tahapan yang nantinya akan menghasilkan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk tahun anggaran 2021.

“Mari menyatukan persepsi bersama, bahu membahu, dan bergotong-royong membangun Kabupaten Lampura agar semakin hebat, kuat dan bermartabat,” tegasnya.

Sementara, Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, menyampaikan, pelaksanaan musrenbang RKPD Kabupaten Lampura merupakan bagian dari rangkaian proses perencanaan dengan pendekatan bottom up dengan menjaring seluruh aspirasi masyarakat.

Hal ini membuktikan komitmen seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Lampura melibatkan pertisipasi masyarakat dalam tahapan perencanaan pembangunan.

“Saya berharap, kita tidak terjebak pada rutinitas, dan hanya sekedar memenuhi kewajiban melaksanakan rangkaian proses perencanaan,” kata Nunik-sapaan akrabnya-

Menurutnya, pemerintah Provinsi Lampung bersama Pemerintah Kabupaten/Kota memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan 5 pokok arahan Presiden, yakni Pembangunan Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi, Penyederhanaan Birokrasi, serta Transformasi Ekonomi.

“Selaras dengan arahan Presiden yang telah disampaikan, maka tema pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2021 meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Infrastruktur menuju Lampung Berjaya, dengan 6 prioritas pembangunan, antara lain meningkatkan kualitas pembangunan SDM, infrastruktur, peningkatan investasi dan nilai tambah produk unggulan, reformasi birokrasi, kehidupan masyarakat yang religius, aman dan berbudaya, serta pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan mitigasi bencana,”ujarnya.

Nunik berpesan dalam musrenbang RKPD tahun 2021 ini, dapat memetakan strategi dan langkah prioritas yang tepat, yang akan memberikan daya ungkit yang kuat, sehingga Kabupaten Lampura mampu menjadi penopang laju pembangunan Provinsi Lampung.

“Saya berpesan agar dalam penyusunan RKPD 2021 dapat mengoptimalkan potensi sumber daya untuk mempercepat laju pembangunan di Kabupaten Lampura,” ujarnya.(ozy/yud)

Komentar