oleh

Antisipasi Corona, ASN dan Sekolah Libur 14 Hari

radarlampung.co.id. – Dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 atau corona, semua sekolah diliburkan. ASN yang tak melayani langsung pelayanan masyarakat untuk bertugas di rumah selama 14 hari ke depan.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyatakan berdasarkan Surat Edaran Kemenpan RB  ada ketentuan untuk antisipasi virus corona. “Kita dapat menugaskan ASN di rumah bagi yang tak melayani langsung masyarakat. Ini untuk 14 hari ke depan. Kita juga telah mengundang OPD untuk antisipasi corona,” katanya saat paripurna DPRD Lamteng.

Dalam mengantisipasi corona, kata Loekman, semua kegiatan yang melibatkan orang banyak dihentikan sementara. “Kegiatan yang melibatkan orang banyak juga dihentikan. Kita juga minta izin keramaian dari kepolisian dihentikan sementara. Sekolah dari PAUD hingga SLTA juga diliburkan sementara,” ujarnya.

Terkait siswa SMK yang sedang menjalani ujian, kata Loekman, tetap berjalan. “Tetap berjalan kalau lagi ujian. Hanya proses belajar mengajar  yang dihentikan.Mudah-mudahan, kita semua berdoa bersama agar virus tak merambah ke Lamteng,” katanya usai paripurna DPRD Lamteng.

Upaya pencegahan, kata Loekman, dilakukan penyemprotan disinfektan. “Kita lakukan penyemprotan disinfektan. Juga instruksikan seluruh jajaran dari sekolah, kampung, kecamatan hingga  tingkat kabupaten antisipasi corona. Menyedikan tempat cuci tangan sebelum masuk kantor dan cuci dengan sabun.  Kita antisipasi tindakan pencegahan karena alat pendeteksi belum ada,” ungkapnya.

Dari 174 warga yang terpantau di Lamteng, kata Loekman, sudah ditugaskan dari puskesmas. “Datanya sudah diserahkan ke puskesmas untuk dipantau. Kepada media, mohon tak mem-blow up supaya tak timbul kepanikan dan keresahan di tengah masyarakat. PJTKI juga ditutup  sementara, termasuk kegiatan ke luar daerah dihentikan sementara,” katanya.

Meski RSUDDSR bukan rumah sakiy rujukan, Loekman menyatakan sudah siapkan ruang isolasi untuk tahap pertama. “Kita siapkan ruang isolasi juga untuk tahap pertama,” tegasnya. (sya/ang)

Komentar

Rekomendasi