oleh

Cegah DBD, Puluhan Rumah di Hajimena Di-fogging

radarlampung.co.id – Upaya mencegah penyebaran demam berdarah dengue (DBD) dilakukan tim Puskesmas Hajimena, Natar, Lampung Selatan dengan pengasapan (fogging) pada 50 rumah di Dusun Sumbersari, Desa Hajimena, Senin (16/3). Kegiatan ini menindaklanjuti dua warga yang terserang penyakit menular tersebut.

Ketua RT.07 Hajimena Tomo mengatakan, ada dua warga yang terserang DBD. ”Kita lapor ke puskesmas dan meminta fogging. Total ada 50 rumah yang di-fogging,” kata Tomo.  

Sebelumnya, terus Tomo, petugas puskesmas memeriksa genanganair yang ada dikediaman penderita DBD. ”Ditemukan jentik nyamuk. Karena itu, hari ini pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa,” sebut dia.

Warga juga diimbau membersihkan rumah dari genangan air, mengubur barang tidak terpakai yang bisa menjadi lokasi tergenangnya air.

Sementara Koordinator Program Penyakit Menular Puskesmas Hajimena Sri Wahyuni mengungkapkan, sejak awal 2020, sudah empat tempat yang meminta pengasapan. ”Selain Sumbersari, fogging juga dilakukan di Gunung Mas, Palem Permai, dan Perumahan Sejahtera,” kata Sri.

Menurut dia, berdasar data sementara, jumlah penderita DBD tahun ini cenderung menurun. Ini tidak terlepas dari gerakan serentak kader dan warga dalam pemberantasan sarang nyamuk. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi