oleh

PMM Belajar Ilmu Jurnalistik ke Radar Lampung

radarlampung.co.id – Persatuan Mahasiswa Mesuji (PMM) mengunjungi Graha Pena Lampung—markas Radar Lampung, Senin (16/3). Dalam kunjungan yang diterima Asisten Redaktur Ari Suryanto tersebut, menerima sebanyak 8 perwakilan PMM dan mereka mendapatkan tentang penjelasan tentang sistem redaksi.

Ketua PMM Agus Muslisin (22) mengungkapkan, kunjungan mereka bertujuan untuk mempelajari jurnalistik dan gaya penulisan sekaligus pencarian berita. Selain itu menurutnya kunjungan ini dalam rangka kunjungan media bagaimana anggota (PMM) tahu bagaimana cara kerja media profesional.

“Kami ingin tahu lebih dalam tentang kinerja di dalam dunia jurnalistik, mulai dari mencari berita, editing, layout, proses pencetakan, sampai ke tangan pembaca. Karena hal ini akan menjadi pengalaman dan pengetahuan baru bagi anggota PMM,” ujarnya.

Dari kunjungan ini juga harapanya lebih tahu dan lebih paham untuk mengetahui dunia jurnalis. Juga dia berharap, kunjungan media ini dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan semangat dalam meningkatkan minat, bakat bagi para anggota PMM. “Di sini kami menjadi lebih tahu dan paham bagaimana cara kerja jurnalistik,” ucapnya.

Sementara Ari Suryanto asisten redaktur Radar Lampung mengatakan, dalam penulisan berita harus mencakup jawaban dari pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana atau yang biasa dikenal 5W+1H. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dalam berita harus mengandung informasi yang unik dan menarik bagi pembaca.

Selain itu, sur -sapaan akrabnya-, mengatakan bahwa sebaiknya dalam penulisan judul harus singkat, padat dan mudah dimengerti. “Seorang jurnalistik harus memilih kata atau kalimat yang dekat dengan pembaca, sehingga mudah dimengerti,” ungkapnya. (muk/ang)

Komentar

Rekomendasi