oleh

Guru Berikan Tugas Hingga Pembahasan Materi Melalui Youtube

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kegiatan belajar mengajar (KBM) jenjang SD maupun SMP di Bandarlampung mulai menggunakan metode belajar di rumah. Metode yang bakal berlangsung hingga 28 Maret ini menuntut guru harus kreatif menerapkan metode belajar.

Seperti yang dikatakan Joni Iskandar guru IPA di SMPN 1 Kota Bandarlampung. Menyikapi situasi libur selama 14 hari, dirinya menggunakan pembelajaran penugasan dengan membagikan link materi dari channel youtube yang dibuatnya, dan anak-anak belajar video sambil membuat rangkuman terkait materi tersebut.

“Berikutnya saya juga share link video soal dan pembahasan terkait materi. Nah untuk penilaian, saya akan share link soal ulangan dari google form yang saya buat. Jadi semuanya melalui daring,” jelasnya, Selasa (17/3).

Terpisah, guru mata pelajaran IPA di SMPN 26 Bandarlampung Budimah menerangkan, dirinya memberikan info untuk membuka aplikasi-aplikasi online seperti ruang guru untuk memandu siswa. Selain itu, dirinya juga memberikan tugas secara offline. Seperti memberikan tugas-tugas untuk mencari sumber-sumber belajar yang bisa diakses bukan hanya secara online, tapi juga memberikan buku pelajaran dari sekolah.

“Kemudian saya juga memberikan kisi-kisi materi dan soal, untuk persiapan penilaian tengah semster dan penilaian akhir semester. Jadi soal-soalnya saya arahkan sesuai kisi-kisi dari soal tahun lalu,” terangnya.

Ia juga membuka diri melalui komunikasi telepon, jika ada anak didiknya yang ingin mendiskusikan tugas yang diberikan.

“Saya juga memberikan tutor sebaya dari kakak kelasnya, agar anak-anak juga lebih mudah berkomunikasi,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi