oleh

Imbau Destinasi Wisata Ditutup Sementara

radarlampung.co.id – Serangan virus Corona (Covid-19) berdampak pada sektor pariwisata. Tidak terkecuali di Lampung Barat. Termasuk tertundanya even besar Celugam Nyambai Festival.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dsiporapar) Lampung Barat Tri Umaryani mengatakan, pihaknya mengeluarkan kebijakan sektor pariwisata, menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat dan surat edaran (SE) Gubernur Lampung.

Kebijakan tersebut adalah, setiap destinasi wisata, hotel, rumah makan dan kafe untuk menyediakan hand sanitizer di tempat-tempat strategis. Kemudian berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan atau puskesmas setempat terkait kondisi kesehatan pengunjung atau tamu yang ingin menginap.

”Kami juga mengimbau destinasi pariwisata ditutup sementara sampai dengan kondisi terkait Covid-19 aman. Mengimbau agar semua atraksi wisata yang melibatkan massa besar untuk ditunda sementara dan/atau ditiadakan. Ini dilakukan sebagai salah stau upaya mencegah virus Corona,” kata Tri.

Sementara Ogi, salah seorang panitia Celugam Nyambai Festival mengatakan, dalam rangka pencegahan virus Covid-19, pelaksanaan even ditunda hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Namun pengumpulan lirik lagu sebanyak enam rangkap tetap diterima oleh panitia. Begitu juga dengan pendaftaran peserta. ”Pelaksanaan (festival) akan digelar sesegera mungkin, setelah pemerintah memperbolehkan dan menyatakan aman. Semoga ini bisa dimaklumi bersama. Tentunya kami berharap kegiatan ini bisa tetap diselenggarakan sebagai upaya melestarikan budaya daerah,” tegasnya. (nop/ais)

 

Komentar

Rekomendasi