oleh

Anak Krakatau Erupsi, Jarak Aman 2 Km

radarlampung.co.id – Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali erupsi, Rabu (18/3). Dua kali, gunung berapi itu melontarkan abu vulkanik.

Menurut Kepala Pos Pemantau GAK Hargopancoran Andi Suwardi, masyarakat tak perlu panik dengan erupsi itu. Sebab, erupsi merupakan kegiatan biasa yang dilakukan oleh gunung berapi.

“Pada waktu tertentu, memang seperti itu. Erupsi merupakan bagian membentuk tubuh gunung,” katanya saat dikonfirmasi Radarlampung.co.id.

Berdasar pemberitahuan erupsi gunung berapi atau volcanic eruption notice (VEN) PVMBG, erupsi itu terjadi sekitar pukul 12.42 WIB. Namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 42 mm dan durasi ± 10 menit 8 detik.

Pantauan visual dari CCTV lava93 jelas. Teramati letusan dengan warna asap putih kelabu tebal tinggi lk 300m. Tidak terdengar suara dentuman.

Saat ini GAK berada pada status level II atau waspada. Pos Pemantau GAK Hargopancoran merekomendasikan masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati sekitar GAK.

“Kami minta masyarakat atau wisatawan tidak mendekati kawah dalam radius dua kilometer,” katanya. (rnd/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi