oleh

Gelar Operasi Pasar di Bandarlampung, 2,5 Ton Gula Disiapkan di Pasar Pasir Gintung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Operasi pasar dalam menjamin ketersediaan bahan pokok di Lampung mulai digelar Rabu (18/3). Diawali dari Pasar Pasir Gintung, Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung. Dalam operasi pasar pertama ini, 2,5 ton gula secara khusus disiapkan.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan operasi pasar tak hanya digelar sekali ini saja. Melainkan terus berlanjut kedepannya guna menjaga kebutuhan masyarakat, terutama meningkatnya harga gula.

“Mulai hari ini melakukan operasi pasar untuk kebutuhan masyarakat terkait melonjaknya harga gula yang meningkat hingga harga Rp16.000 sedangkah harga eceran tertinggi Rp12.500. Maka saya mengambil kebijakan Lampung sebagai penghasil gula kita tetapkan standar harga gula sesuai het (harga eceran tertinggi),” beber Arinal.

Operasi pasar ini nantinya akan dilakukan di 15 kabupaten/kota secara bergantian, namun diawali di Bandarlampung. Karena itu, Arinal berharap kesempatan ini bisa dimaksimalkan semua masyarakat dalam memenuhi kebutuhan barang pokok.

Baca :   Sekprov Kawal Pemakaman Pasien 02

Untuk pembeliannya dibatasi maksimal 2 kg per orang. Arinal mengimbau untuk tidak membeli melebihi jumlah tersebut agar semua masyarakat bisa merasakan harga gula yang murah.

Kegiatan ini juga, masih kata Arinal, merupakan hasil kerjasama dengan perusahaan gula di Lampung.

“Hari ini memang bekerjasama dengan Sugar Grup, PTPN 7, PT Gunung Madu Plantation, juga PT PSMI. Dari Mereka akan kita alokasikan ke 15 kabupaten/kota supaya tidak ada penumpukan. Saya juga minta kepada para distributor ketika rakyat membutuhkan pertolongan kita harus membantu rakyat. Jangan sampai ada oknum yang nakal, supaya stabilitas ekonomi kita tetap terjaga supaya tidak inflasi,” tambah Arinal.

Baca :   Diskes Beber Kronologi Wafatnya Pasien Corona Asal Lambar

Ditambahkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lampung Satria Alam, sebanyak 2,5 ton gula disiapkan dengan rincian 2 ton dari SGC dan 500 kg dari Bulog dalam kegiatan operasi pasar ini.

“Sebenarnya tidak hanya gula, namun kami masih fokus pada gula. Ada yang disediakan oleh Bulog yakni beras, minyak makan, dan tepung,” beber Satria.

Dia menambahkan, hari ini akan disusun jadwal operasi pasar untuk di 15 kabupaten/kota dengan menggandeng perusahaan gula di Lampung.

“Rencananya kita bagi kedekatan daerahnya, misalnya Lamteng, Metro, Lamtim itu SGC, Bandarlampung Pesawaran kami ambilkan Bulog, di Waykanan ada PSMI, yang dekat dengan wilayah. Tapi akan kami susun datanya hari ini,” tandasnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi