oleh

Tes UTBK akan Dilaksanakan Dua Tahap

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 akan dilaksanakan sebanyak dua kali. Sebelumnya diumumkan, tes UTBK hanya akan dilaksanakan satu kali.

Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung M. Komarudin mengatakan, tes UTBK akan dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu UTBK tahap Ke 1pada 20-26 April, sedangkan pendaftaran UTBK tahap ke 1 mulai 30 Maret -11 April.

“Tes UTBK tahap ke 2 dilaksanakan pada 1-3 Mei, pendaftarannya pada 14-16 April. Sedangkan pengumuman hasil UTBK pada 12 Mei,” katanya, Rabu (18/3).

Baca :   UTBK Dijadwalkan Juni, Bersiaplah!

Dikatakan Komarudin, calon mahasiswa baru dapat mengikuti tes UTBK sebanyak dua kali, namun kelompok ujian yang harus diambil harus sama antara tes UTBK tahap satu ataupun dua.

“Misalkan tahap satu mengambil kelompok ujian saintek, nah tes tahap ke dua juga harus mengambil saintek,” imbuhnya.

Sedangkan, lanjutnya, peserta yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) tidak dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti satu kali tes UTBK, tahap satu maupun tahap ke dua.

Baca :   UTBK Dijadwalkan Juni, Bersiaplah!

“Tetapi saat mengikuti tes UTBK yang kedua kalinya, peserta pemilik KIP akan dikenakan biaya sebesar Rp200 ribu untuk kelompok ujian saintek atau soshum, dan Rp 300 ribu untuk campuran. Sedangkan, peserta non KIP akan dikenakan biaya yang sama untuk tes UTBK tahap satu maupun tahap dua,” jelasnya. (rur/sur)



Komentar

Rekomendasi