oleh

Unila akan Tambah Server untuk Layani Kuliah Online

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Lampung (Unila) menyiapkan dua server untuk mengantisipasi server down atau kolaps dalam penerapan pembelajaran daring melalui virtual class Unila. Di mana, hal ini untuk menggantikan perkuliahan tatap muka selama 14 hari kedepan.

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Unila M. Komarudin menjelaskan, untuk mengantisipasi server down, pihaknya menyiapkan dua server, dan akan menambahkan satu server lagi untuk pembagian beban.

“Karena perkuliahan tatap muka ini melalui pembelajaran daring, tentunya kita tidak ingin server kita down, karena itu kita melakukan tuning ke mesin yang lama, dan menyiapkan sever baru untuk pembagian beban. Kita harapkan ini selalu lancar sampai akhir semester,” ujarnya, Kamis (19/3).

Menurutnya, vclass Unila sudah ada sejak lama, namun pengakses vclass meningkat drastis saat diberlakukannya protokol kedaruratan Unila yang salah satunya menggantikan perkuliahan tatap muka dengan pembelajaran daring atau online.

“Jadi sistem daring ini direspon cukup baik oleh civitas akademika Unila, dosen maupun mahasiswa. Sehingga saat ini pengakses vclass Unila mencapai 17.381 mahasiswa, dan 596 dosen. Sedangkan, perhari hitsnya rata-rata mencapai 631.084,” katanya.

Sementara, Gigih Forda Nama salah satu dosen di program teknik informatika fakultas teknik Unila mengatakan, dengan pembelajaran daring ini, dirinya lebih mampu mengontrol dan memantau mahasiswanya ketika mengumpulkan tugas, ataupun ketika berinteraksi melalui video conference.

“Menurut saya, kita bisa lebih memantau mahasiswa, dan saat berinteraksi melalui video conference mahasiswa jadi lebih aktif,” katanya.

Unila menerapkan virtual class untuk menggantikan kuliah tatap muka. Hal tersebut sebagai salah satu langkah meminimalisir penyebaran virus corona di lingkungan kampus.

Juru bicara rektor Unila Nanang Trenggono menjelaskan, Unila melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan pembelajaran daring mulai 16-28 Maret. Pedoman pembelajaran daring selama masa pendemi infeksi covid-19 dikelola LP3M Unila bersama UPT TIK. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi