oleh

Ingin Tahu Seputar Corona? Coba Chatbot WhatsApp Covid-19

radarlampung.co.id – Usai diumumkan oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Kamis (19/3), akun chatbot virus Corona (Covid-19) resmi bisa dijajal masyarakat, Jumat (20/3). Kementerian Kominfo bekerja sama dengan WhatsApp dan Telkom Grup membuat akun chatbot WhatsApp terkait virus corona.

“Sudah (bisa dicoba masyarakat). Kemarin kita sempat trial. Namun sudah oke,” kata Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ahmad M. Ramli, sebagaimana dilansir detik.com

Bagi warga yang ingin mencari informasi seputar virus Corona, dapat memanfaatkan akun chatbot WhatsApp. Selain mengakses situs Covid-19 yang sudah disediakan pemerintah.

Baca :   SAFETY

Caranya hampir sama seperti menambah akun kontak WhatsApp. Tinggal memasukkan nomor 081133399000 pada smartphone. Setelah itu beralih dan masuk ke aplikasi WhatsApp. Kemudian cari nomor kontak yang sudah ditambahan.

Akun chatbot WhatsApp tersebut akan tertera COVID19.GO.ID yang disampingnya diberi tanda centang warna hijau, tanda bahwa akun ini telah terverifikasi.

Untuk saat ini, chatbot WhatsApp COVID-19 pemerintah hanya akan memberikan informasi berdasar opsi pertanyaan yang telah dipilih. Mulai dari Kabar Covid-19 terkini di Indonesia, apa itu Covid-19 hingga soal rumah sakit rujukan Covid-19.

Baca :   Extrajoss Peduli Daya Tahan Para "Pahlawan" Covid-19

Ramli mengatakan, pihaknya akan terus meng-update informasi, seperti jumlah yang terinfeksi virus corona ini. “Update terus berdasar pengumuman baru. Mungkin ada jeda sedikit, karena kita tidak ingin mendahului (informasi terbaru tersebut),” ujarnya.

Adapun informasi yang diberikan chatbot WhatsApp pemerintah ini disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Kesehatan. (dtc/ais)

 

 

 

Komentar

Rekomendasi