oleh

Akibat Covid-19, Tahapan Pilkada di Pesawaran Ditunda

radarlampung.co.id – Pandemi virus covid -19 berdampak terhadap sejumlah tahapan pilkada di Pesawaran, seperti pelantikan PPS yang sebelumnya diagendakan dilaksanakan pada Minggu (22/3) di 5 zona akhirnya ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan

Ketua KPU Pesawaran Yatin P.Sugino mengatakan penundaan pelantikan PPS dan sejumlah tahapan pilkada merujuk pada Surat Keputusan KPU RI 179 dan Surat Edaran No 8/2020 tentang perubahan tahapan Pilkada. “Hari ini yang seharusnya pelantikan PPS ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan,” ungkap Yatin,Minggu (22/3)

Dijelaskan, selain penundaan pelantikan PPS, tahapan lainnya yang mengalami perubahan  yakni rekrutment Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Kemudian proses verifikasi bakal calon perseorangan dan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit). “Ada empat point tahapan pilkada yang mengalami penundaan. Dan itu tidak hanya kita, tapi seluruh Indonesia yang mengelar pilkada,” ucapnya.

Baca :   Pilkada Ditunda, Bawaslu Tetap Pelototi Petahana dan ASN

Ditanya apakah pandemi corona nantinya akan memengaruhi tahapan pilkada secara keseluruhan termasuk perubahan pada 23 September mendatang? Diakuinya, hingga saat ini baru 4 tahapan yang mengalami penundaan sesuai keputusan KPU RI.

“Saat ini kita masih menunggu kepastian dari KPU Pusat. Karena PKPU 16 tentang tahapan pelaksanaan jadwal berubah lagi menjadi PKPU No 2/2020. Kemungkinan kedepan akan ada perubahan terkait tahapan pelaksanaan jadwal. Namun kita masih menunggu informasi lebih lanjut dari KPU Pusat,” tandasnya. (ozi/ang)

Komentar

Rekomendasi