oleh

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pendaftaran PMB PBUK UGM Diperpanjang

radarlampung.co.id – Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta memperpanjang masa pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) 2020. Karena itu, bagi siswa yang belum mendaftar secara online silakan mendaftar hingga batas waktu 26 Maret 2020.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lamteng Candra Puasati membenarkan perpanjangan waktu masa pendaftaran PMB PBUK. “Ya, ada perpanjangan masa pendaftaran hingga 26 Maret 2020. Itu sesuai surat yang dikirimkan pihak UGM yang ditandatangani Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr,” katanya.

Pertimbangan perpanjangan masa waktu pendaftaran, kata Candra, antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. “Antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19,” ungkapnya.

Jumlah pendaftar, kata Candra, hingga kini sudah 47 calon mahasiswa. “Berdasarkan data hingga 18 Maret 2020 sudah 47 calon mahasiswa yang mendaftar. Fakultas Kedokteran Gigi prodi kedokteran gigi 17 orang; Fakultas Geografi prodi pembangunan wilayah 7 orang;

Fakultas Pertanian prodi akuakultur budi daya perikanan 5 orang; serta Fakultas Peternakan prodi ilmu dan industri peternakan 7 orang. Kemudian Fakultas Teknik ada dua prodi. Yakni prodi arsitektur 3 orang serta perencanaan wilayah dan kota 8 orang,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA Lamteng ang ingin melanjutkan kuliah di UGM Jogjakarta. Hal ini merupakan bentuk kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) Pemkab Lamteng dengan UGM.

Surat pemberitahuan ini ditandatangani Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto disampaikan melalui kepala SMA/SMK/MA se-Lamteng.

Berdasarkan Nota Kesepahaman Bersama Nomor: 43/NK/B.a.V|l.01/2019 dan Nomor: 5323/UN|.P/D|T-KAUN|/DN/2019 tentang Kerja Sama Pemkab Lamteng dan UGM serta Surat Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM Nomor: 378/UN|.P.I/DlR-PP/TM/ZOZO perihal Informasi PMB Jalur PBUK Tahun 2020, mengundang siswa SMA/SMK/MA yang ingin kuliah di UGM melalui jalur Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK).

Syaratnya siswa berdomisili di Lamteng dibuktikan dengan KTP atau surat keterangan dari Disdukcapil Lamteng. Ada enam program studi (prodi) yang ditawarkan dari lima fakultas. Yakni Fakultas Geografi prodi pembangunan wilayah; Fakultas Kedokteran Gigi prodi dokter gigi; Fakultas Pertanian prodi akuakultur budi daya perikanan; serta Fakultas Peternakan prodi ilmu dan industri peternakan. Kemudian Fakultas Teknik ada dua prodi. Yakni prodi arsitektur serta perencanaan wilayah dan kota.

Syarat lainnya, calon mahasiswa membuat surat pernyataan bermaterai untuk pengabdian di Lamteng setelah menyelesaikan pendidikan. Pendaftaran online 3-18 Maret 2020.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyatakan siswa yang lolos seleksi dan diterima di UGM akan dibiayai pemerintah daerah. “Biaya siswa yang kuliah di UGM nanti urusan pemerintah daerah. Siapa yang berminat dipersilakan ikut seleksi,” katanya.

Untuk pengabdian setelah lulus, kata Loekman, selama sepuluh tahun. “Pengabdiannya selama sepuluh tahun. Mengabdi di Lamteng sambil menunggu kesempatan bisa diangkat PNS. Kita akan upayakan nanti bisa diangkat PNS,” ungkapnya. (sya/ang)

 

Komentar

Rekomendasi