oleh

Diskes Tanggamus Siapkan 110 Unit Pakaian APD untuk  Tangani Pasien Covid-19

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tanggamus menyatakan sudah ada 110 unit pakaian untuk alat perlindungan diri (APD) lengkap bagi tim medis untuk menangani pasien Covid-19.

Menurut Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat , APD tersebut baru tiba dan langsung dipilah dan didistribusikan ke seluruh puskesmas, RSUD Batin Mangunang, Kota Agung dan bagi diskes sendiri.

“Sementara ini kami persiapkan ada 110 APD, dan sudah tiba yang langsung dibagi-bagi peruntukannya. Ini sebagai persiapan kami apabila ada pasien terduga,” ujar Taufik.

Baca :   Ikuti Instruksi Polri dan Pemerintah, Atau tak Bisa Berdagang!

Dari 110 APD tersebut,  puskesmas yang menerima dua sampai tiga unit sebanyak 24 puskesmas, lalu untuk RSUD Batin Mangunang 50 unit dan sisanya tujuh unit untuk diskes.

“Rumah sakit memang mendapatkan jatah paling banyak, karena di sana untuk penanganannya. Sedangkan kalau di puskesmas sedikit karena pasien akan dirujuk ke rumah sakit Kota Agung,” sebut Taufik.

Ditambahkan Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Diskes Tanggamus, Nasrullah,  bahwa pakaian APD terdiri baju pelindung, kacamata, helm, masker, sarung tangan, sepatu.

Baca :   Sementara, 16 Warga Pesawaran Masuk ODP

Total harga satu unit secara lengkap sekitar Rp 2 juta. “Untuk RS Bantin Mangunang, Kota Agung pengadaan melalui anggaran BLUD,  begitu juga Puksesmas melalui BLUD,” terang Nasrullah.

Ia juga menyebut bahwa tenaga puskesmas sudah dilatih cara penggunaan APD tersebut, sehingga bisa langsung menggunakannya meski tanpa pendampingan. (ehl/ral/ang)

Komentar

Rekomendasi