oleh

Mahasiswa Kimia Unila Bagikan Hand Sanitizer Gratis Bagi Pejalan dan Pengendara

RADARLAMPUNG.CO.ID – Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) membagikan hand sanitizer tahap satu kepada masyarakat umum.

Dekan FMIPA Unila Dr. Suripto Dwi Yuwono mengatakan, bakti sosial diadakan mahasiswa kimia untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan hand sanitizer.

“Mahasiswa kimia melakukan bakti sosial dengan membagikan hand sanitizer. Tahap satu ini kita bagikan 400 paket di lingkungan MIPA. Selain itu juga di fasilitas kesehatan,” ujarnya, Senin (23/3).

Sementara, Plt Ketua jurusan kimia Mulyono,Ph.D., menuturkan, hand sanitizer ini merupakan produksi sendiri dari mahasiswa kimia Unila yang dibagikan gratis kepada masyarakat umum.

Baca :   Sesak Napas Dilarikan ke IGD Namun Tak Tertolong, Ternyata Positif Corona

“Ini produksi sendiri, meskipun bahannya saat ini sulit didapatkan. Bahannya sesuai dengan standar BPOM, dan aman untuk kulit,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, dari donasi yang terkumpul, pihaknya mampu memproduksi ratusan liter hand sanitizer, tetapi pada tahap satu ini, baru sekitar 43 liter. Sebab, bahan dasar untuk membuat hand sanitizer tersebut agak sulit didapatkan.

“Sekitar 400 sampai 600 paket untuk hari ini. Dan itu terbagi untuk refil dan kemasan ada yang 45 ml, dan 60 ml,” imbuhnya.

Baca :   SNMPTN Diumumkan, Kini Maba Wajib Tunggu Verifikasi

Ia menambahkan, masyarakat juga dapat membuat hand sanitizer sendiri dari bahan yang ada seperti daun sirih.

“Tapi kalau di rumah tidak perlu hand sanitizer, cuci tangan pakai sabun itu sudah lebih dari cukup. Hand sanitizer digunakan untuk masyarakat yang mobile, yang terpaksa masih ngantor dan lainnya,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, selain mahasiswa, banyak masyarakat umum juga mengantri untuk mendapatkan hand sanitizer. Pembagian di FMIPA Unila ada dua cara, untuk pejalan kaki, dan pengendara melalui drive thru. Untuk mendapatkannya juga harus menunjukkan kartu identitas. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi