oleh

Sterilisasi, Pasar Kotaagung Disemprot Disinfektan

radarlampung.co.id – Pasar tradisional Kotaagung disemprot cairan disinfektan oleh petugas gabungan, Selasa sore (24/3). Sterilisasi juga dilakukan pada sejumlah ruang publik di Kotaagung. Di antaranya masjid, gedung SD hingga markas Kodim 0424.

Berdasar pantauan di lokasi, petugas menyemprotkan cairan disinfektan di los pasar, pintu rolling door, kantor satuan pengamanan (satpam) dan kantor perbankan yang berada di komplek Pasar Kotaagung.

Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha mewakili Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Hamid H. Lubis mengatakan, kegiatan penyemprotan merupakan tindak lanjut dari instruksi pemerintah pusat dalam mencegah dan memerangi virus Corona (Covid-19).

Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk sinergitas Forkopimda Tanggamus dalam upaya mencegah dan memerangi virus Corona yang sedang menjadi pandemi.

“Kita berupaya melaksanakan penyemprotan di tempat-tempat umum. Di mana, lokasi tersebut sering dijadikan tempat untuk berinteraksi. Dari kemarin sudah mulai. Untuk hari ini, mulai Markas Kodim 0424, gedung SD, SPBU, masjid, dan Pasar Kotaagung. Dari sini, kita menyemprot Pasar Talangpadang,” kata Ediyan M. Thoha didampingi Staf Ahli Bupati Bidang KSDM Firman Ranie dan Kepala Diskes Taufik Hidayat.

Dijelaskan, ada puluhan petugas yang terlibat. Terdiri dari personel Polres Tanggamus, Kodim 0424, BPBD, Basarnas, PMI, Dinas Kesehatan dan Ormas. “Mari kita bersama-sama memerangi virus Corona yang sedang mewabah saat ini. Caranya, jaga kebersihan, hindari tempat keramaian dan berdiam diri di rumah,” tegasnya.

Sementara Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, stok disinfektan yang ada sebanyak 21 liter. Jumlah tersebut cukup untuk menyemprotkan tempat publik sambil menunggu kiriman dari distributor.

“Sementara ini cukup. Kita juga sedang menunggu kiriman dari distributor,” kata Taufik.

Ia juga menyebut, di Tanggamus ada 27 orang dalam pemantauan (ODP). Mereka sebelumnya mengunjungi daerah yang terpapar kasus Corona, seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan Jawa Tengah.

“Senin kemarin 16 ODP, sekarang jadi 27 orang. Karena ada yang baru datang dari daerah terjangkit Corona. Mereka terus kita pantau kondisi kesehatannya. Alhamdulillah 27 ODP sampai saat ini dinyatakan sehat dan negatif Corona,” urainya.

Terpisah, usai penyemprotan disinfektan, Darwin selaku pengurus masjid di area Pasar Kotaagung menyatakan terima kasih atas kepedulian pemerintah.

“Kami sangat berterima kasih karena di sini banyak interaksi masyarakat dan kumpul di pasar, sehingga antisipasi terhadap virus Corona sangat positif,” ucapnya. (ral/ehl/ais)

 

Komentar

Rekomendasi