oleh

Ayo! Bantu Masker untuk Penderita Thalassemia

radarlampung.co.id – Langkanya masker dipasaran, membuat resah para warga, tak terkecuali penderita Thalassemia. Dalam mengantisipasi virus Corona, para penderita Thalassemia yang berjumlah sekitar 170 orang ini kesulitan menemukan masker.

“Kalau ada yang ingin memberikan masker kepada penderita Thalassemia, kami sangat berterima kasih, karena memang kami sangat membutuhkan masker itu. Karena sekarang ini masker sangat langka, kalaupun ada, harganya sangat mahal,” ungkap Fajar Sidik selaku Ketua Perhimpunan Orang Tua Thalassemia  (POPTI) dan Perhimpunan Penyandang Thalessaemia Indonesia (PPTI).

Dia menjelaskan, Thalassemia merupakan salah satu penyakit keturunan kelainan darah, yang penanganannya memerlukan transfusi darah secara rutin serta obat pendamping lainnya. 

Ada tiga tingkatan kategori Thalassemia, diantaranya Carier, Intermediate dan mayor. “Kategori Thalassemia Mayor merupakan penyandang Thalassemia yang butuh penangananan lebih serius,”jelasnya.

Penderita Thalassemia, seumur hidup membutuhkan transfusi darah dan seumur hidup harus makan obat Khelasi zat besi setiap hari.

Menurutnya, dalam suasana wabah Virus Corona, mengharuskan cuci tangan dan memakai masker. Namun, dirinya merasa sedih karena stok masker dipasaran sering kosong. Padahal, penderita thalassemia tidak semua tergolong dari keluarga ekonomi mencukupi.

“Makanya, kalau ada para relawan ingin memberikan bantuan masker kepada thalassemia, bisa ke sekretariat kami di  Jalan Onta Gang Onta 5,Sukamenanti Baru atau menghubungi 081379152166,” pungkasnya. (gie/yud).

Komentar

Rekomendasi