oleh

Penyebab Terbakarnya Pasar Way Jepara Masih Dalam Penyelidikan

radarlampung.co.id – Hingga Rabu (25/3) asap masih mengepul dari puing-puing Pasar Way Jepara Lampung Timur yang terbakar.

Peristiwa kebakaran Pasar Way Jepara yang terjadi Selasa (24/3)  puk 21.30 WIB mengakibatkan 86 los (2×2,5 meter), toko (4 x 4 meter) dan kantor unit Pasar berikut fasilitas umumnya ludes terbakar. Pasca peristiwa tersebut, sejumlah pedagang berusaha menyelamatkan sisa-sisa barang dagangan mereka dari puing-puing yang terbakar.

Sebagaimana dilakukan Heri pedagang pasar sembako yang berusaha menyelematkan sisa barang dagangannya. “Tadi malam api sudah terlanjur besar mas, kami tidak berani mengambil resiko menyelamatkan barang dagangan,” ujar Heri.

Petugas Polres Lampung Timur dan Polsek Way Jepara juga masih berusaha melakukan penyelidikan atas kejadian itu. Di lokasi kejadian Kapolsej Way Jepara AKP Rizal Effendi menjelaskan, penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan. 

Di tempat yang sama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lamtim Rosdi menyatakan belum dapat memastikan total kerugian akibat peristiwa kebakaran itu. “Total kerugian masih kami rekapitulasi,” jelas Rosdi.

Lebih lanjut Rosdi menyatakan, terkait nasib para pedagang yang menjadi korban kebakaran masih akan dibahas bersama Pemkab Lamtim. Begitu juga terkait penampungan sementara, Rosdi menyatakan masih akan dibahas. 

Kesempatan yang sama Kepala Unit Pasar Way Jepara Hermansyah menyesalkan tidak berfungsinya hidran yang berlokasi dekat area yang terbakar. Menurutnya, di Pasar Way Jepara terdapat sejumlah hidran. Namun, bak penampungan airnya kosong sehingg tidak dapat digunakan saat terjadi kebakaran. 

Diketahui, peristiwa kebakaran itu diduga berawal dari los yang berlokasi di bagian depan sisi Utara Pasar Way Jepara. Api kemudian menjalar ke losa yang berada di sisi kanan, kiri dan belakangnya.

Atas peristiwa itu, Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan bersama 80 personil berusaha membantu memadamkan api bersama warga dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamtim. Api baru dapat dipadamkan pukul 01.20 Wib. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi