oleh

UTBK Ditunda, Pengumuman SNMPTN Diperkirakan Tetap

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jadwal pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 ditunda sampai batas waktu belum ditentukan.

Humas Badan Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung M. Komarudin menuturkan, pelaksanaan pendaftaran UTBK yang merupakan tes seleksi agar lulusan SMA sederajat bisa masuk ke perguruan tinggi telah dipastikan ditunda.

“Jadi pendaftaran UTBK ditunda yang seharusnya mulai dibuka pada 30 Maret ini. Jika pendaftaran UTBK ditunda atau mundur, ada kemungkinan tahapan selanjutnya akan mundur juga. Pihak pusat masih akan mengkaji hal itu,” katanya, Rabu (25/3).

Meskipun pendaftaran UTBK mundur, pengumuman kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 belum ada keputusan untuk diundur juga.

“Sampai saat ini belum ada informasi pengumuman SNMPTN akan mundur. Barangkali tetap pada 8 April. Karena proses penerimaan SNMPTN kan sudah dilakukan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengeluarkan kebijakan untuk menunda pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. Hal ini dilakukan karena melihat situasi nasional yang berkaitan dengan mewabahnya COVID-19 di Indonesia.

Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam sudat edaran LTMPT menyebutkan pendaftaran UTBK yang awalnya akan dimulai pada 30 Maret, dan pelaksanaan UTBK yang dimulai pada 20 April ditunda. Pendaftaran dan pelaksanaan UTBK akan diumumkan lebih lanjut. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi