oleh

Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang!

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi hujan lebat disertai kilatan dan angin kencang secara umum akan terjadi hampir di seluruh wilayah dalam tiga hari ke depan.

Potensi hujan lebat tersebut bisa dilihat dari kecepatan angin antara 03-15 knots (06-28 Km/jam), disertai dengan jarak pandang berkisar antara 3-10 km, ditambah suhu udara secara umum berkisar antara 24,0 °C-32,0 °C. Kecuali Lampung bagian Barat (Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 18,0 °C-30,0 °C.

“Secara umum, diprediksi akan terjadi hujan lebat disertai kilatan petir, kemudian angin kencang seperti Pesbar, Metro, Waykanan, Mesuji, Tuba, Tubaba, Lamtim, Lamteng, Lampura, Tanggamus, Lamsel, hingga Bandarlampung,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto, Kamis (26/3).  

Baca :   Karyawan BRI Unit Raman Utara Tewas Tersambar Petir

Kondisi tersebut akan bertahan dari siang hingga tengah malam dengan intensitas curah hujan yang cukup besar. “Iya sama (intensitasnya, Red). Bisa sampai dini hari nanti. Jadi kita imbau masyarakat agar selalu waspada terhadap dampak seperti banjir, pohon tumbang hingga longsor. Di rumah saja. Jaga kesehatan,” tegasnya.

Tak hanya hujan lebat. Hujan local juga diperkirakan mendatangi beberapa wilayah. ”Ada beberapa yang akan terjadi hujan local. Potensinya di Lampung Selatan dan Lampung Timur,” jelasnya.

Baca :   Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Sementara, cuaca tersebut juga berpengaruh kepada gelombang yang meninggi di laut Lampung bagian Barat, Selat Sunda hingga ketinggian 2,5 meter. ”Masyarakat di sekitar pesisir agar selalu berhati-hati dalam melaut atau sedang di rumah pada area yang perpeluang gelombang tinggi,” pungkasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi