oleh

Mandiri, Warga Tanjunganom Semprot Disinfektan di Pemukiman dan Tempat Ibadah

radarlampung.co.id – Rumah warga dan sarana ibadah di Pekon Tanjunganom, Kecamatan Kotaagung Timur disemprot cairan disinfektan, Sabtu (28/3). Langkah tersebut dilakukan mandiri oleh warga dengan didampingi petugas kesehatan dari Pustu Tanjunganom, aparat pekon, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Pj. Kepala Pekon Tanjunganom Asrul Sani Putra Jaya mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan dilakukan pada hampir 700 lebih rumah warga, sarana ibadah seperti masjid, musala, balai pekon dan sarana pendidikan.

“Ada 15 petugas yang melakukan penyemprotan. Baik alat maupun cairan, murni dari warga. Untuk itu saya apresiasi apa yang telah dilakukan warga. Semoga niat baik ini mendapat manfaat dan menjauhkan kita semua dari virus Corona,” kata Asrul.

Pun Asrul—sapaan akrab Asrul Sani—meminta masyarakat Tanjunganom untuk mematuhi imbauan pemerintah, seperti tidak berkumpul dalam jumlah banyak, tidak menggelar hajatan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan pakai sabun menggunakan air mengalir.    

“Kalau ada yang baru pulang dari daerah terjangkit Corona seperti DKI Jakarta atau wilayah di Pulau Jawa, segera lapor ke RT, RW, kadus dan bidan desa,” tegasnya.

Sementara Bidan Desa Pekon Tanjunganom Ida Farida mengatakan, membuat cairan disinfektan cukup mudah. Memanfaatkan produk yang biasa digunakan, seperti cairan pemutih maupun pembersih lantai.

“Untuk membuat cairan disinfektan, pilih produk pemutih pakaian yang mengandung bahan aktif Sodium Hypochlorite 5,25 persen. Pengencerannya setiap 20 mililiter cairan pemutih untuk satu liter air,” kata Ida.

Sementara Babinsa Pekon Tanjunganom Serma Sukendras mengapresiasi langkah masyarakat yang melakukan penyemprotan disinfektan mandiri. “Kita sambut baik ini. Kita sadari, kesehatan itu sangat penting. Sehat bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan semua tidak akan berarti apa-apa,” kata Sukendras. (ral/ehl)

Komentar

Rekomendasi