oleh

Bergerak dengan Swadaya Warga

KURUNGAN NYAWA – Bergerak dengan swadaya masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona. Itulah yang dilakukan warga bersama Ketua RT 01 Harsono, Ketua RT 02 Tabah, dan Yudi Handoko selaku Kepala Dusun Margorejo 2 Desa Kurungan Nyawa, Gedongtataan, Kabupaten Peswaran.

Diawali Sabtu (28/3) sore, Ketua RT 01 maupun 02 mengumumkan kepada warga agar Minggu (29/3) membuka gerbang pagar dan pintu rumah. Itu sehubungan akan dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan.

Tiba Minggu (29/3), dikomandoi langsung Yudi Handoko dan Harsono, puluhan pemuda Margorejo yang menjadi garda terdepan pun andil. Di antaranya ada yang menyemprotkan disinfektan menggunakan semprotan rumput milik petani setempat. Ada juga yang mengiringi sambil membawa persediaan cairan disinfektan.

Mereka bergerak setelah sebelumnya diberi pengarahan dan doa terlebih dahulu oleh Yudi Handoko didampingi Harsono di pos kamling RT 01. Selanjutnya mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 melakukan penyemprotan ke 180-an rumah warga RT 01 dan 02.

Penyemprotan tersebut terutama pada bagian gerendel pagar, pintu, teras, ruang tamu, serta titik-titik yang kerap digunakan untuk berinteraksi pemilik rumah atau berkumpulnya warga. Tidak terkecuali masjid, area sekitar warung, serta jalan kampung yang menghubungkan antar-RT dengan jalan raya utama, Jalan Imam Bonjol, Pesawaran.

“Ini selain mendapatkan support dari desa juga atas swadaya warga kita. Alhamdulillah, warga kita juga punya kesadaran yang baik akan bahaya virus corona ini sehingga kompak melakukan upaya pencegahan bersama, ” ungkap Harsono di sela penyemproran bersama pemuda dan warganya.

Pensiunan Kodim 0410/KBL ini pun mengakui jika upaya dalam menghadapi penyebaran virus corona yang begitu masif tersebut belum seberapa. Tapi menurutnya inilah upaya yang sementara ini mampu dilakukan warga.

“Lebih dari itu, setiap warga harus terus meningkatkan kesadarannya untuk melindungi diri dan keluarga masing-masing. Tentunya juga dengan mengikuti anjuran pemerintah, ” pesannya seraya mengatakan penyemprotan bersama warga akan dilakukan kontinu hingga pemerintah menyatakan aman. (rim)

Komentar

Rekomendasi