oleh

Pohon Tumbang Timpa Delapan Rumah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sedikitnya delapan rumah tertimpa pohon tumbang di jalan W.R. Supratman, Kelurahan Telukbetung, Kecamatan Telukbetung Selatan (TbS), Senin (30/3).

Pohon jenis ambon yang memiliki panjang kurang lebih 30 meter dengan diameter tiga hingga empat meter itu menimpa enam rumah berpenghuni milik Hartaria, Yunizar, Kurniati, Hj. Wagiyem, Wisnu Ruseno, dan Ory Muhardinal. Juga dua rumah lainya yang dalam kondisi kosong.

Camat TbS Ichwan Adji Wibowo mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 05.00 WIB.

“Kejadian sekitar pukul 05.00 pagi. Ini karena sudah tua juga pohonnya, ditambah lagi hujan gerimis tadi malam,” katanya.

Menurutnya, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Satu orang mengalami luka ringan karena tertimpa saat sedang tidur di rumahnya. “Semua selamat dan sudah diobati,” ungapnya.

Korban luka ringan bernama Rudi (49), yang mengaku saat kejadian dirinya tengah tertidur bersama sang adik di lantai dua.

“Kejadian sekitar jam 5, saya lagi tidur sama adek di lantai dua tapi dari kayu. Kita biasa tidur di atas,” ujarnya.

Dirinya menyatakan, tumbangnya pohon tersebut menyebabkan kerusakan cukup parah pada bagian atap setiap rumah, termasuk rumahnya.

“Pinggir sebelah sana (kiri) pada ancur, saya dengar langsung brak adik saya panggil-panggil itu semua udah gelap gak keliatan apa-apa,” terangnya.

Beruntung, Rudy hanya menderita luka ringan pada bagian kaki karena sempat tertimpa pohon dan juga asbes.

“Sudah diobati tapi gak dibawa ke RS,  mendingan cuma syok aja. Dari atas itu keliatan di bagian tengah batangnya itu udah busuk, makanya tumbang,” tukasnya.

Hingga kini petugas BPBD Bandarlampung masih terus mengupayakan evakuasi pohon tersebut, yang diperkirakan akan memakan waktu hingga berjam-jam.

“Masih terus diupayakan dipotong-potong pohonya, belum diketahui berapa kerugiannya. Yang pasti lebih dari satu jam evakuasinya,” singkat Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandarlampung Sutarno. (mel/sur)

Komentar

Rekomendasi