oleh

Virtual Class Unila Makin Familiar

BANDARLAMPUNG.CO.ID – Sejak diterapkannya sistem kuliah daring atau online di Universitas Lampung (Unila) dengan menggunakan virtual class, hingga 28 Maret lalu, sudah lebih dari 71 ribuan pengunjung mengakses aplikasi tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Unila M. Komarudin mengungkapkan, pengunjung virtual class Unila telah mencapai 71 ribu pengunjung, di mana perharinya sekitar 5 ribuan pengunjungnya Vclass Unila.

Lalu, lebih dari 5 juta halaman yang dibuka, lebih dari 5 juta file yang diakses, dan hampir 6 juta hits yg masuk melalui laman vclass.unila.ac.id.

“Ini menunjukkan warga Unila, mahasiswa ataupun dosen telah aktif menerapkan pembelajaran daring untuk menghindari kuliah tatap muka, dan untuk menghindari penyebaran wabah covid-19,” katanya, Senin (30/3).

Dikatakannya, dengan tren penggunaan daring yang semakin meningkat, artinya pembelajaran daring semakin familiar di kalangan dosen dan mahasiswa Unila. Pembelajaran daring tersebut dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang tidak terikat waktu, dan tempat, yang bisa dilakukan di mana saja.

“Walaupun awalnya dipaksa, tetapi karena keadaan jadi terbiasa untuk menggunakan virtual class,” imbuhnya.

Terlebih, tambahnya, ada dua perusahaan provider, yang telah bekerja sama dan memberikan kuota gratis hingga 30 gb untuk mengakses virtual class Unila.

“Karena menggunakan vclass ini, mereka bisa menggunakan kuota gratisnya dua provider tersebut. Sehingga mereka tidak dikenakan bayaran atau casnya,” ucapnya.

(rur/sur)

Komentar

Rekomendasi