oleh

Lantaran Masyarakat Resah, 4 Orang Positif Corona Tak Bergejala Bakal Jalani Isolasi di RSBNH

RADARLAMPUNG.CO.ID – Rilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung yang mengungkapkan adanya empat orang terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) tak menunjukan gejala, yang lantas diminta isolasi mandiri di rumah, membuat masyarakat resah.

Keresahan masyarakat ini disampaikan langsung ke hotline Covid-19 Provinsi Lampung.

Tak tinggal diam, terkait hal itu Pemprov Lampung menyepakati ke empatnya bakal diisolasi di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH).

Kepala Dinkes Lampung Reihana mengatakan, nantinya semua pasien terkonfirmasi Covid-19 namun tak bergejala akan diminta melakukan isolasi di rumah sakit tersebut.

”Masyarakat resah soal konfrimasi empat orang yang tanpa gejala, akhirnya Pemprov Lampung mengambil kebijakan yang terkonfirmasi itu meskipun keadaan sehat akan diisolasi di RSBNH,” ungkap Reihana.

Sebenarnya, lanjut Reihana, empat orang terkonfirmasi positif tersebut cukup melakukan isolasi mandiri di rumahnya dengan cara memakai masker, tempat tidur terpisah, makan terpisah, juga baju dicuci terpisah, asal patuh.

“Namun keresahan masyarakat saat ini takutnya keempatnya tidak patuh, dan kami koordinasi jajaran saya dan sekprov maka RSBNH jadi lokasi konfrim positif yang sehat,” beber Reihana.

Dia menambahkan, pasca ditunjuknya RSBNH sebagai rumah sakit penanganan Covid-19 di Lampung, rumah sakit tersebut menjadi sepi. Karena itulah, RSBNH dirasa cocok menjadi tempat pelayanan bagi pasien Covid-19.

”Kebetulan RSBNH belum melayani pasien. Karena sejak ditunjuk jadi rs rujukan, pasien takut untuk berobat di sana. Jadi benar-benar kosong dan paling cocok jadi tempat kita memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi karena menyebabkan masyarakat resah maka ke empatnya akan kami isolasi,” tambahnya.

Sementara per Selasa (31/3) Dinkes mencatat ada 923 orang dalam pemantauan (ODP) di Lampung, kemudian 10 orang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP), pasien positif 8 orang, negatif 10 orang, dan 1 meninggal.

”Kami mohon doa 3 orang lagi insya Allah bisa sembuh karena kami masih menunggu hasil lab negative kedua kalinya. Hasil swab pertama pasien 01 dan 03 hasil negatif, namun ada syarat harus negatif dua kali dan di rumah tetap isolasi mandiri selama 14 hari,” tandasnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi