oleh

Update Virus Corona, Pemkab Tanggamus Siapkan Tangsi

radarlampung.co.id – Pemkab Tanggamus gencar melakukan sosialisasi pencegahan virus Corona (Covid-19). Selain melalui imbauan di masjid, posyandu, pamflet dan banner, pemkab membuat website dengan nama Tanggamus Siaga (Tangsi). Aplikasi ini bisa diakses melalui komputer dan smarphone.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Tanggamus Sabaruddin mengatakan, situs tersebut dapat diakses melalui  tangsicorona.tanggamus.go.id.

“Kami sudah meluncurkan situs layanan untuk Covid-19. Masyarakat silakan membuka. Didalamnya ada berbagai informasi dan untuk konsultasi, serta laporan jika mengalami gejala seperti Covid-19,” ujar Sabaruddin disampaikan Sekretaris Diskominfo Derius Putrawan.

Pembuatan website atas perintah Ketua Gugus Tugas Covid-19 ini bertujuan mengedukasi masyarakat dalam upaya pencegahan dan mempercepat penanganan Covid-19.

Selain itu, didalamnya juga dipublikasikan perkembangan jumlah orang dalam pengawasan (ODP), jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sampai yang positif terinfeksi Corona.

Kemudian ada nomor kontak setiap puskesmas untuk memudahkan pelaporan oleh masyarakat. Sebab wilayah  Tanggamus sangat luas. Karena itu masyarakat sebaiknya melapor ke puskesmas terdekat.

Kemudian disediakan nomor kontak layanan Covid-19 dan percakapan untuk program WhatsApp. Program ini dibuat untuk memudahkan masyarakat.

Pada bagian lain, Sabaruddin mengimbau masyarakat, terkait banyak orang kembali ke kampung dari daerah endemis Covid-19. Warga diminta melapor ke aparat pekon atau puskesmas terdekat.

Sebab semua pendatang atau yang kembali ke kampungnya, terlebih dari daerah endemis Covid-19, maka statusnya orang dalam pengawasan (ODP). Apalagi jika mengalami batuk terus-menerus dan demam.

“Masyarakat lain di sekitarnya juga sekarang sudah bisa melaporkan, jika orang tersebut tidak melapor. Sebab sekarang ini sama-sama kita saling peduli dan melindungi,” tegas Sabaruddin.

Untuk jumlah ODP di Tanggamus, saat ini sebanyak 92 orang, jumlah PDP 0, dan jumlah positif juga 0. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi