oleh

Cegah Covid-19, Tubaba Gelontorkan Rp6,1 M

radarlampung.co.id – Sebanyak Rp6,191 Miliar dana dialokasikan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) untuk penanggulangan dan pencegahan Virus Covid-19 yang saat ini telah mewabah di beberapa daerah di Indonesia. Anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemkab setempat Tahun Anggaran 2020. Jumlah itu pula yang akan disampaikan kepada Gubernur Lampung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tubaba,  Eri Budisantoso, M.H menjelaskan bahwa anggaran itu merupakan dana refocussing kegiatan dan relokasi anggaran yang dikhususkan untuk penanggulangan Covid-19.

Dana tersebut diperoleh ungkap pria yang akrab disapa Ebe ini, berasal dari tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) kabupaten. Bahkan kemungkinan persediaan dana sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebutuhan dalam refocussing anggaran penanganan Covid-19.

Anggaran sebanyak itu dialokasikan untuk pembelian obat obatan Rp1 miliar, bahan medis habis pakai dengan reagen Rp2 miliar, belanja alat kesehatan pelindung diri (APD) lengkap Rp1,073 miliar, alat semprot disinfektan Rp52 juta, termometer infrared Rp3,75 miliar, belanja alat kesehatan rujukan (DAK) Rp1,446 miliar, dan epidemiologi dan penanggulangan wabah (DAK) Rp245 juta.

Dalam penanggulangan virus mematikan ini, Pemkab Tubaba telah membuat tiga jalur prioritas, yakni pemberian bantuan langsung tunai, bantuan sembako, pelayanan kependudukan secara online, serta pelaksanaan padat karya tunai menggunakan dana desa (ADD). Langkah ini sebagai cara pemkab untuk mengurangai dampak sosial. (fei/ang)

Komentar

Rekomendasi