oleh

Akhir April, Dinas PU Action Bangun Fly Over

radarlampung.co.id – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung terus mengejar progres pengerjaan fly over Urip Sumoharjo dan Sultan Agung. Mulai akhir April, pengerjaan fly over Sultan Agung bakal dimulai.

Kepala Dinas (Kadis) PU Bandarlampung Iwan Gunawan mengatakan, pihaknya masih melakukan proses pengukuran terhadap lahan yang akan digunakan untuk pembuatan fly over  Urip Sumoharjo.

“Sekarang untuk Urip Sumoharjo sedang berlangsung proses pengukuran dan juga ganti rugi lahan,” katanya, Jumat (3/4).

Berbicara ganti rugi lahan, Iwan mengaku telah mendapatkan persetujuan dari warga yang lahannya dihargai Rp2,5 juta per meter.

“Saya kira warga sudah setuju dengan memperbolehkan dengan diukur berartikan setuju. Kita harapkan seperti itu (harga yang sama),” ujarnya.

Jika masih ada yang bersikeras ingin menambah nominal dari harga yang ditawarkan pemerintah, Iwan mengaku, akan terus memberikan penjelasan secara perlahan kepada masyarakat agar mengerti.

“Kita hanya menjalankan sesuai prosedur bahwa dalam pelaksanaan ini ada BPN yang menghitung, ada tim appraisal yang menghitung dan dibayar ganti rugi wajar. Jadi tidak bisa kita samakan dengan ganti rugi jalan tol. Karena yang komersial, yang mengganti untung. Kalau ini ganti wajar. Itu ada peraturannya. Jadi kalaupun ada kelebihannya BPK pun akan periksa dan mulangin,” tambahnya.

Sementara itu, untuk fly over Sultan Agung, Iwan mengaku tidak mendapatkan kesulitan signifikan. Bahkan akhir bulan ini, pihak yang telah ditunjuk akan langsung mengerjakan pembangunan tersebut.

“Sultan Agung sudah selesai. Lelang sudah selesai juga. Tinggal  akhir bulan depan akan dikerjakan. Sekarang selepas pengukuran ada masa sanggah satu minggu. Kemudian proses penertiban surat perintah penertiban barang dan jasa atau PPBJ kira-kira satu minggu. Dilanjutkan pembuatan kontrak kerja dan prediksinya bisa action akhir bulan April ini,” pungkasnya. (mel/dna)

Komentar

Rekomendasi