oleh

Arus Sungai Deras, Perangkap Buaya Diangkat

radarlampung.co.id – Tim Penanggulangan Konflik SKW III Lampung BKSDA Lampung-Bengkulu belum berhasil menangkap buaya muara di Way Semaka yang sudah menyerang warga.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanggamus Kemas Amin Yusfi mengatakan, tim juga kesulitan melacak keberadaan buaya yang diprediksi lebih dari satu tersebut.

“Tim dari BKSDA sudah turun sejak Rabu (1/4), setelah mendapat laporan dari kami, terkait warga diserang kembali oleh buaya muara. Namun hasil pemantauan yang dilakukan Rabu malam di sekitar lokasi tempat warga diserang, tim tidak melihat buaya. Sungai sedang pasang dan arus deras,” kata Kemas mewakili Kepala Dinas LH Gilas B. Kurniawan, Jumat (3/4).

Kendati demikian, lanjut Kemas, tim tetap memasang perangkap di sekitar Way Kunyit, Pekon Banjarsari. “Iya, sudah dipasang. Namun belum berhasil menangkap buaya,” sebut dia.

Dilanjutkan, awalnya tim dari BKSDA ingin agar perangkap tetap dipasang. Namun karena arus sungai deras, perangkap harus diangkat. Pihak BKSDA juga tidak bisa memantau setiap hari, sehingga meminta partisipasi aktif dari aparat pekon.

“Mereka tadinya tetap mau menaruh perangkap di situ, sampai menunggu debit air sungai turun. Namun karena aparatur pekon tidak bersedia menjadi penanggung jawab dan takut tidak bisa menjaga perangkap, maka terpaksa peralatan itu ditarik kembali,” kata dia.

Pihak BKSDA bersama aparatur Pekon Banjarsari juga sudah memasang banner pada tiga titik lokasi paling aktif yang sering dilalui oleh masyarakat. Isinya imbauan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di sungai. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi