oleh

PWI Lampura Kembali Ingatkan Wartawan

Radarlampung.co.id – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Jimi Irawan kembali mengingatkan kepada seluruh pengurus dan anggota PWI Kabupaten setempat untuk tetap selalu waspada saat bertugas menjalankan kegiatan jurnalistiknya selama meliput soal kasus wabah Corona Virus (Covid 19).

Dia menilai, sejak sebulan lebih hingga hari ini para wartawan (anggota PWI Lampura) selalu rutin meliput soal perkembangan virus corona. “Dalam menjalankan tugas liputan agar selalu waspada. Gunakan alat pelindung diri seperti masker dan rajin mencuci tangan, berprilaku hidup sehat. Sehingga kita semua terbebas dari covid-19,” kata Jimi Irawan, Sabtu (4/4)

Pria akrab di sapa Bang Jimi ini menyarankan, dalam peliputan di lapangan selain menggunkan masker, agar melakukan jaga jarak kepada nara sumber dan menghindari kerumuman. Sebab, keselamatan wartawan di lapangan paling penting.

Jimi meminta, pemerintah daerah setempat dapat berkontribusi dalam perlindungan kerja wartawan melalui bantuan alat perlindungan diri (APD) bagi wartawan yang bertugas. Khususnya yang meliput Covid-19 serta kegiatan lainnya.

“Perang terhadap Covid-19 membutuhkan peran serta media dalam menyajikan informasi yang layak dipercaya. Media selayaknya menjadi rumah penjernih informasi bagi publik. Informasi media tidak selalu selaras dengan informasi resmi pemerintah. Karenanya, diperlukan proses saling mengecek dan menguatkan,” kata Jimi.

Disisi lain, Jimi menyebut, Covid-19 juga berdampak besar bagi profesi jurnalis atau Wartawan. Khususnya di Kabupaten Lampura. Dimana, lanjutnya, melemahnya perputaran ekonomi sehingga para insan pers kesulitan dalam mencari kerjasama dalam publikasi pemberitaan.

“Ini tentu menjadi dilema. Sementara sektor ekonomi semakin melemah di tengah  kondisi saat ini. Biro perusahaan media didaerah menargetkan pemasukan ke perusahaan melalui kerjasama kepada pemerintah. Belum lagi soal kewajiban dan tanggung jawab mereka (wartawan) dalam mencari berita,” katanya.

Dengan kondisi seperti saat ini, Ketua PWI Lampura ini berharap, pemerintah setempat memperhatikan para insan pers yang telah membantu pemerintah daerah dalam menyajikan imformasi kepada publik.

“Pemerintah daerah  diharapkan memberikan ruang kepada para insan pers yang telah  membantu menyiarkan progres serta update perkembangan penangananan pencegahan penyebaran Covid-19 di Lampura. Selain itu, pemerintah setempat juga diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat dengan mengucurkan program-program sosial selama pandemi korona yang belum menentu berakhirnya. Seperti bantuan sembako kepada warga yang layak membutuhkan akibat efek dari pandemi virus korona,” kata dia.

Inilah saatnya pemerintah setempat juga dapat melaksanakan kewajibannya kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka dengan mengerahkan kekuasaannya untuk menggerakan para pengusaha baik  swasta, BUMN dan lainnya yang ada di Lampura. (ozy/abd)

Komentar

Rekomendasi