oleh

Awas Cuaca Ekstrem! Mulai Masuk Pancaroba

radarlampung.co.id – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem. Ini terkait mulai masuknya musim pancaroba di provinsi ini.

Menurut Kepala Informasi dan Data BMKG Lampung Rudy Haryanto, saat ini Lampung telah memasuki musim pancaroba. Terjadi pergantian musim dari hujan ke kemarau.

“Ya. Kalau sekarang ini, kita prakirakan April hingga Mei, Lampung musim pancaroba. Terutama di Lampung bagian Selatan. Sudah memasuki pancaroba,” kata Rudy, Minggu (5/4).

Karakteristik dari pancaroba terjadi pada Minggu siang. Di mana, cuaca panas, tiba-tiba disertai kilatan petir diikuti mendung kemudian turun hujan deras.

“Dengan Karakteristik, panas tiba-tiba mendung sebelum hujan disertai kilatan dan petir maupun angin kencang,” urainya.

Dalam hal ini, juga banyak awan-awan hitam yang bermunculan. “Tanda-tandanya, ada banyak awan columunimbus menggumpal di wilayah daratan. Di situ diperlukan kewaspadaan. Biasanya potensi dampak dari cuaca ekstrem itu sangat besar. Seperti angin puting beliung, angin kencang dan kilat petir tadi,” sebut dia.

Kondisi ini setidaknya akan bertahan hingga tiga hari ke depan. Untuk itu masyarakat agar selalu berhari-hati. “Kita prediksi tiga hari ke depan masih terjadi. Biasanya potensi dampak dari cuaca ekstrem itu seperti angin puting beliung, dan angin kencang,” pungkasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi